Cara cepat lulus SNMPTN 2022
Relationship

Pasti Lulus! Ini Tips dan Info Agar Lolos SNMPTN 2022!

Tresia
Senin, 31 Januari 2022 - 10:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rangkaian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2022 telah dibuka. Ada beberapa cara dan tips agar lulus SNMPTN pada tahun ini dengan mudah.

Adapun pembuatan akun LTMPT dibuka hingga 15 Februari mendatang. SNMPTN masih menjadi jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang sangat diminati dan semua siswa berlomba-lomba lulus untuk menjadi mahasiwa.

Bagaimana cara mengikuti seleksi SNMPTN tanpa dipungut biaya dan tidak diharuskan untuk mengikuti ujian? Pada 2021, SNMPTN diikuti sebanyak 595.093 peserta. Dari jumlah itu, sebanyak 110.495 peserta yang dinyatakan lolos seleksi masuk ke universitas impiannya.

Persaingan yang ketat membuat siswa-siswi mencari tips lolos SNMPTN 2022. Simak tips agar lulus tes masuk perguruan tinggi negeri:

1. Tentukan jurusan yang ingin dipilih

Hal paling krusial dalam penerapan strategi agar lulus SNMPTN adalah dengan menentukan jurusan yang benar-benar Anda minati. Hal ini dikarenakan, proses kuliah memakan waktu yang panjang dan berkelit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk  berada dalam  lingkungan yang benar-benar sesuai dengan passion Anda.

2. Mempelajari detail jurusan yang hendak dipilih 

Yang kedua, dalam melancarkan strategi lulus SNMPTN adalah dengan mengumpulkan informasi penerimaan SNMPTN di PTN serta jurusan yang Anda inginkan. Detail jurusan yang terdapat di website SNMPTN meliputi:

  • Informasi Umum (daya tampung dan kategori)
  • Daftar Jurusan yang dapat memilih program Ini
  • Sebaran Siswa Diterima,
  • Jumlah Pendaftar,
  • Jumlah Diterima,

Dari data-data di atas, kamu bisa menyimpulkan beberapa hal pokok sebagai pertimbangan mendaftar, antara lain misalnya:

  • Informasi umum: Ilmu Komunikasi UI merupakan kelompok jurusan SOSHUM yang mana daya tampung untuk tahun 2021 sebanyak 14 mahasiswa.
  • Daftar Jurusan yang dapat memilih program studi ilmu komunikasi UI adalah SMA/MA IPA dan IPS. Jadi untuk SMK disarankan tidak memilih jurusan ini.
  • Sebaran siswa diterima pada tahun 2016 sebanyak 32 siswa (1,56 persen), 2017 sebanyak 30 siswa (2,3 persen), tahun 2018 sebanyak 30 siswa (2,33 persen), tahun 2019 sebanyak 30 siswa (3,82 persen), dan tahun 2020 sebanyak 16 siswa (1,99 persen).

3. Pertimbangkan Daya Tampung serta Daya Saing

Mempertimbangkan daya tamping dan daya saing sangatlah penting dilakukan untuk menekan nama Anda agar lolos SNMPTN 2021.  Pertimbangan ini bertujuan untuk memaksimalkan peluang pada pilihan kedua. Anda harus memposisikan kampus serta jurusan dengan keketatan tertinggi pada pilihan pertama. Usahakan cermat dalam melakukan pengamatan.

4. Mempelajari Indeks Sekolah

Proses kelulusan SNMPTN ini berkaitan dengan  indeks sekolah. Ada beberapa variabel yang dapat dijadikan penilaian untuk melihat seberapa besar indeks sekolah Anda pada suatu PTN.

Pada dasarnya PTN tidak mengeluarkan data tentang indeks tiap sekolah, untuk bisa mengetahuinya dengan aktif bertanya ke guru Bimbingan Konseling (BK) tentang sebaran alumni di PTN seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro