Ilustrasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah/Freepik.com
Health

Ini Olahraga dan Makanan Bagi Pasien Covid-19 Agar Cepat Sembuh

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 4 Februari 2022 - 21:40
Bagikan

Makanan Berserat, Jangan Olaharaga Berlebihan, dan Dengarkan Tubuh

  1. Perbanyak serat untuk meredakan sembelit

Terinfeksi Covid-19 membuat Anda mulai berbaring di tempat tidur selama berhari-hari hingga tidak konsumsi cukup cairan. Mendapatkan cukup serat dan tetap terhidrasi penting untuk dijaga dengan teratur.

"Tidur, pindah ke sofa, ulangi - Covid membatasi aktivitas. Itu, dehidrasi, makanan rendah serat, beberapa obat, dan stres emosional dapat berkontribusi pada sembelit," jelas Barbe. 

"Cairan dan serat dapat membantu menggerakkan berbagai hal. Temukan serat dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, oatmeal, quinoa, lentil, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian," lanjutnya.

  1. Jangan olahraga berlebihan

Ketika gejalanya hilang, mungkin berpikir tubuh Anda siap untuk melanjutkan rutinitas normal termasuk melakukan olahraga, tetapi ini bisa jadi sulit bagi tubuh Anda.

“Karena Covid dapat menyebabkan sesak nafas dan kelelahan, maka olahraga akan sulit dilakukan. Yang penting tetap aktif sepanjang hari,” ucap Fore. 

"Jangan berbaring, tetapi percepat aktivitas Anda. Perlahan lanjutkan olahraga. Lakukan jalan kaki ringan untuk mulai membangun kembali daya tahan," jelasnya.

Jika Anda mengalami gejala sedang, seperti demam, sesak nafas, atau nyeri tubuh, sebaiknya tidak melakukan olahraga berat yang dapat meningkatkan risiko terkena miokarditis atau radang otot jantung. Fokuslah pada gerakan yang lambat dan ringan, seperti berjalan.

Selama pemulihan, Mark Davis, MD, Operational Strategist and Physician, merekomendasikan berjalan diam di ruangan atau area tempat Anda mengisolasi selama sekitar 30 hingga 45 menit setiap hari. Davis juga menyarankan untuk melakukan latihan pernapasan.

"Ambil posisi di mana telapak tangan dan dahi Anda menyentuh lantai selama Anda bisa melakukannya sambil mengambil napas dalam-dalam. Ini akan membantu Anda dalam memperkuat otot-otot pernapasan Anda," lanjutnya.

Jika Anda dirawat di rumah sakit karena Covid dan mengalami gejala parah, maka Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk diizinkan melakukan aktivitas fisik. 

  1. Dengarkan tubuh Anda

Untuk orang yang pulih dari kasus Covid-19 ringan, Fore merekomendasikan untuk selalu mendengarkan tubuh Anda. Jika Anda tiba-tiba merasakan gejala yang lebih parah atau buruk, maka Anda harus segera menghubungi tenaga medis.

"Dengarkan tubuhmu. Jika Anda mengalami nyeri dada atau sesak napas yang memburuk, (maka segera) hubungi penyedia medis Anda," kata Fore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro