Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Studi Temukan Hubungan Efek Vaksin dengan Gangguan pada Menstruasi

Di beberapa negara Eropa, pihak otoritas dan peneliti tengah mengkaji dampak vaksinasi terhadap siklus menstruasi wanita. Namun penelitian sementara menunjukkan pengaruh itu hanya minim, dan tidak ada pengaruh sama sekali terhadap tingkat kesuburan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  10:11 WIB
Studi Temukan Hubungan Efek Vaksin dengan Gangguan pada Menstruasi
Warga mengikuti vaksinasi "booster" di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Selasa (18/1/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komite keamanan Badan Obat Eropa (EMA) mengatakan tengah mengkaji laporan adanya pendarahan berat saat menstruasai dan tidak menstruasi pada wanita yang menerima vaksinasi Pfizer/BioNTech dan Moderna.

Dilansir CNBC pada Jumat (11/2/2022), lembaga tersebut mengatakan masih belum jelas apakah ada hubungan antara vaksin dengan teknologi mRNA yang diberikan dengan gejala tidak wajar pada menstruasi.

Kondisi menstruasi yang abnormal, kata EMA, bisa disebabkan oleh stres dan kelelahan. Namun, memang ada laporan gejala itu terjadi mengikuti penyebaran Covid-19.

Studi yang didanai oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa ada hubungan antara vaksinasi Covid-19 dengan perubahan siklus menstruasi yang sedikit dan sementara. Studi ini melibatkan 4.000 pengguna aplikasi smartphone yang melacak siklus menstruasi.

Adapun studi di Norwegia menunjukkan bahwa sejumlah wanita mengalami pendarahaan lebih banyak saat menstruasi setelah disuntik vaksin.

Setelah meninjau bukti yang tersedia, Komite Penilaian Risiko Farmakovigilans (PRAC) EMA memutuskan untuk meminta evaluasi semua data yang tersedia, termasuk laporan dari pasien dan profesional kesehatan, uji klinis dan literatur yang diterbitkan.

Badan tersebut juga menambahkan bahwa juga tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 memengaruhi kesuburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan vaksinasi menstruasi Covid-19
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top