Ilustrasi/Freepik.com
Health

Olahraga Pakai Jaket Tak Baik Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

Newswire
Rabu, 23 Februari 2022 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Mengenakan jaket saat berolahraga agar tubuh lebih berkeringat tidak dianjurkan. Dokter penyakit dalam, Umar Nur Rachman, mengatakan hal tersebut justru membuat kadar air dalam tubuh berkurang dan bisa mengakibatkan dehidrasi.

"Nah, ini kadang-kadang masyarakat masih belum paham ya. Mereka beranggapan, 'kalau aku sudah berkeringat, maka aku sudah olahraga'. Terus dia olahraganya pakai jaket. Meskipun dia ditimbang turun berat badannya, itu air [di dalam tubuh] yang keluar," ucap Umar.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa sebagian pasien diabetes beranggapan bahwa berjalan kaki tanpa mengenakan alas kaki itu baik.

Faktanya, yang mesti dilakukan adalah sebaliknya. Aktivitas berjalan tanpa alas kaki ini justru harus dihindari oleh mereka.

"Pasien diabetes ini banyak ya. Dia mengira jalan-jalan nggak pakai sandal itu baik. Kemudian, dia jalan di krikil itu, ya nggak pakai sandal. Memang, rasanya nyaman karena pasien diabet itu kan kakiknya kayak kebas gitu ya. [Tapi] jalan cepat ya harus pakai sepatu," jelasnya.

Umar lalu menekankan bahwa banyaknya keringat yang dikeluarkan saat berolahraga pada dasarnya bukan poin utama, melainkan durasi dan intensitas dari olahraganya itu sendiri.

"Olahraga teratur ini sifatnya harus continue ya. Kalau disarankan sih tiga sampai lima kali seminggu ya. Durasinya berkisar antara 30 menit dengan pemanasan dan pendinginan," kata Umar.

Ia pun menambahkan, "Ini harus kita pahami ya bahwa yang menjadi target [olahraga] itu adalah denyut nadi maksimal. Denyut nadi maksimal itu kalau intensitas olahraga kita sekitar 70 persen dari denyut nadi maksimal."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro