Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Olahraga Untuk Orang Tua dan Lansia

Kurangnya aktivitas lansia, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Simak olahraga yang aman bagi orang tua dan lansia.
OK.M.Tijani Usuluddin
OK.M.Tijani Usuluddin - Bisnis.com 11 November 2021  |  23:00 WIB
Berenang menjadi olahraga yang baik bagi orang tua dan lansia./Ilustrasi - Antara
Berenang menjadi olahraga yang baik bagi orang tua dan lansia./Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring bertambah usia, orang tua dan lansia membutuhkan olahraga yang aman dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengutip dari NHS, Kamis (11/11/2021), lansia banyak menghabis waktu dengan duduk atau berbaring selama 10 jam setiap hari. Kurangnya aktivitas ini, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi banyak orang tua.

Simak 6 aktivitas olahraga dan aktivitas kebugaran yang aman dan cocok bagi orang tua dan lansia:

  1. Berenang

Aktivitas berenang bisa membakar banyak kalori di tubuh lansia. Berenang juga bisa membangun lebih banyak massa otot karena tekanan yang diberikan air.

Air lebih padat 800 kali daripada udara. Ini membuat otot lansia harus bekerja lebih keras di kolam renang. Termasuk jantung dan paru-paru orang tua harus bekerja lebih keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh. Pekerjaan inilah yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

Berenang adalah aktivitas fisik yang ideal, terutama bagi penderita radang sendi. Berenang tidak menyebabkan ketegangan pada sendi, seperti saat jogging.

  1. Bersepeda

Bersepeda sangat aman bagi lansia, sebab bisa mengurangi risiko penyakit kronis, serta menjadi sarana transportasi yang baik ke toko atau ke tempat kerja.

Mengendarai sepeda bisa membakar lebih banyak kalori daripada jogging dan juga memiliki dampak yang lebih kecil pada persendian lansia, terutama lutut. 

  1. Sepak Bola Jalan Kaki

Permainan sepakbola semakin berkembang. Kini ada pertandingan sepak bola yang aman bagi lansia yakni walking football atau sepak bola jalan kaki. 

Dalam walking football, pemain sepak bola tidak boleh berlari dan ini hanya dikhususkan bagi lansia. Ini juga menjadi versi lembut dari permainan sepak bola dan cocok bagi generasi yang lebih tua.

Jika ada pemain yang  berlari, maka wasit akan membunyikan peluit, maka tim lain menerima tendangan bebas.

    1 dari 2 halaman

    Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    orang tua olahraga lansia berenang
    Editor : Novita Sari Simamora

    Artikel Terkait



    Berita Terkini Lainnya

    Terpopuler

    Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
    qrcode bisnis indonesia logo epaper

    BisnisRegional

    To top