Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat

Jantung memiliki otot, untuk membuat jantung sehat. Maka Anda perlu melatih otot jantung dengan rutin olahraga dan gaya hidup sehat.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 26 Februari 2022  |  18:58 WIB
7 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat
Penyakit jantung bisa dicegah dengan olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling sering memakan korban dan memiliki pasien terbanyak di dunia. 

Penyakit ini berawal dari gaya hidup yang kurang teratur yang mengakibatkan aliran darah ke jantung tersumbat. Gaya hidup seperti bermalas-malasan, makan makanan yang tidak sehat, dan banyak mengonsumsi alkohol dan rokok menjadi penyebab dari penyakit ini timbul.

Dilansir dari Uci Health, Sabtu (26/2/22) terdapat cara untuk mencegah dan menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Bergerak

Jantung memiliki otot dan, seperti halnya otot apa pun, maka olahraga bisa memperkuatnya. Langkah pertama adalah menentukan target detak jantung Anda, kemudian temukan aktivitas yang Anda sukai dan dapat Anda lakukan untuk jangka panjang. 

Contohnya adalah menggerakan badan atau berolahraga. Cara ini ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung Anda.

  1. Berhenti merokok

Berhenti merokok memang sulit. Namun, Anda tahu bahwa penting untuk berhenti, dan salah satu alasan terbesarnya adalah karena hal itu terkait dengan penyakit jantung.

Rokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Rokok menjadi penyebab peningkatan jumlah pasien penyakit jantung di dunia. Maka berhentilah atau kurangilah rokok Anda untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan lebih dari sekedar diet dan olahraga. Ini adalah perjalanan pribadi yang melibatkan menemukan apa yang Anda sukai dan apa yang cocok untuk Anda.

  1. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Salmon dan guacamole sarat dengan lemak sehat yang baik untuk jantung. Cobalah olesan salmon dengan sayuran saat makan. Selain itu, Guacamole yang menyehatkan jantung juga menjadi hidangan pembuka yang enak. 

  1. Coba Makan Cokelat

Cokelat dan anggur berkontribusi pada kesehatan jantung. Alkohol dan kakao (bahan utama dalam cokelat) memiliki antioksidan yang telah terbukti meningkatkan kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi pembekuan darah.

Namun, konsumsi kedua itu dengan takaran yang pas bukan dengan berlebihan. Sebab, jika berlebihan akan membuat penyakit baru datang ke tubuh Anda.

  1. Jangan makan berlebihan

Saran ini berlaku meskipun Anda sedang liburan. Ada tren peningkatan kematian akibat sakit jantung, karena mengonsumsi makanan yang banyak saat liburan dan itu terjadi sepanjang tahun.

Mengonsumsi banyak makanan bisa menyebabkan irama jantung yang lebih cepat dan tidak teratur, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung. 

  1. Jangan stres

Ada lebih dari 1.400 respons biokimia terhadap stres, termasuk peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang lebih cepat. Jika Anda tidak mengelola stres Anda, maka kondisi itu dapat menciptakan lebih banyak stres dan menimbulkan  penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan olahraga jantung tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top