Kesehatan telinga
Health

Apakah Telinga Berdenging Tanda Positif Covid?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 3 Maret 2022 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tinitus adalah sensasi pendengaran berdenging, berdengung, atau bersiul di satu atau kedua telinga.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya. Selama pandemi, sensasi dering ini semakin memburuk di antara pasien, menimbulkan pertanyaan apakah itu bisa menjadi gejala COVID-19.

Kata "tinnitus" mendefinisikan suara yang tidak sesuai dengan sumber suara eksternal yang sebenarnya. Fenomena ini sangat umum pada orang tua. Suara yang terdengar sering digambarkan sebagai dering, dengung, raungan, klik, dan senandung.

Suara-suara ini dapat bervariasi dalam nada dan frekuensi dan dapat mempengaruhi satu atau kedua telinga.

Tinnitus biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan yang ada, seperti gangguan pendengaran terkait usia, cedera telinga, atau masalah kardiovaskular.

Penyebabnya antara lain stres, kecemasan, dan depresi.

Beberapa orang telah melaporkan bahwa telinga berdenging meningkat selama pandemi, menimbulkan pertanyaan seputar hubungan antara tinitus dan COVID-19.

Para peneliti di University of Manchester memperkirakan 7,6 persen orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 mengalami tuli mendadak. Sedangkan 14,8 persen menderita tinnitus dan 7,2 persen menderita vertigo.

Sebagian besar penelitian menunjukkan tinnitus sebagai gejala awal pada orang dengan COVID-19.

Dering di telinga biasanya berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu.

Sejumlah penelitian lain tentang tinnitus yang dilakukan dalam dua tahun terakhir menemukan bahwa kondisi tersebut agak terkait dengan masalah tidur, kesehatan mental yang buruk, dan pikiran untuk bunuh diri sebagai akibat dari pandemi.

Sebuah proyek penelitian bersama oleh University of Cambridge, Royal Surrey NHS Foundation Trust, dan Florida Atlantic University memutuskan untuk mempelajari efek potensial COVID-19 pada pengalaman tinnitus.

Para peneliti tidak menemukan hubungan yang jelas antara kondisi tersebut dan SARS-CoV-2, infeksi virus yang menyebabkan COVID-19.

Itulah sebabnya mereka melanjutkan untuk mengeksplorasi kemungkinan efek lockwon pada pasien.

Studi ini mengukur tingkat keparahan "dering" berdasarkan kenyaringan, gangguan, dan efeknya pada kehidupan.

Analisis data tidak mendukung gagasan bahwa pandemi menyebabkan memburuknya kenyaringan tinnitus, gangguan, atau dampak pada kehidupan.

“Skor skala analog visual untuk kenyaringan tinnitus, gangguan, dan dampak pada kehidupan tidak berbeda secara signifikan antara pasien baru yang terlihat sebelum dan selama penguncian,” kata Dokter Hashir Aazh.

Dia menyarankan bahwa tinnitus pasti dapat berdampak pada kecemasan dan kesejahteraan, "tetapi tidak ada efek sebaliknya".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro