Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat Atasi Telinga Berdenging yang Mengganggu

Sebetulnya, telinga yang berdenging ini merupakan kondisi medis yang disebut tinnitus, suara dering atau dengung yang bisa datang dan pergi atau terjadi terus-menerus.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  12:29 WIB
Kiat Atasi Telinga Berdenging yang Mengganggu
Telinga - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernah merasakan telinga berdenging? Terkadang, saat telinga mulai berdenging, kita seringkali mengaitkannya dengan tanda tertentu. Namun benarkah demikian?

Sebetulnya, telinga yang berdenging ini merupakan kondisi medis yang disebut tinnitus, suara dering atau dengung yang bisa datang dan pergi atau terjadi terus-menerus.

Penyebab tinnitus bervariasi, dari ringan hingga berat. Misalnya, akibat mendengar suara yang terlalu keras, efek samping penggunaan obat, cemas atau stres, tekanan darah tinggi, hingga adanya tumor di kepala dan leher.

Meskipun tinnitus dapat hilang dengan sendirinya, pada beberapa orang, kondisi ini bisa sangat mengganggu dan menyebabkan depresi. Untuk mengatasi kondisi yang mengganggu ini, Anda bisa pergi berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan).

Selain itu, Anda bisa melakukan cara-cara berikut untuk mengatasinya, melansir Woman's World, Jumat (7/1/2021).

1. Bersenandung

Bersenandung dengan nada yang konsisten dapat membantu Anda menghadapi tinnitus. Bayangkan dengungan itu mengalir ke seluruh tubuh Anda, dan perhatikan apakah suara itu bergerak atau terasa 'macet'.

Kate Chapman, life coach dan juga seorang YouTuber ini mengatakan, bersenandung dengan frekuensi yang sama telah "benar-benar menghentikan dengung di telinga". Kate menyebut metode ini sebagai 'kalibrasi ulang'.

2. Cobalah ekstrak ginkgo biloba

Ginkgo biloba seringkali digunakan sebagai suplemen herbal karena mengandung flavonoid dan terpenoid yang memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Mengambil 120 miligram ekstrak ginkgo biloba mampu mengurangi peradangan di koklea, bagian telinga yang penting untuk kesehatan pendengaran.

Sebuah studi di Neuropsychiatric Disease and Treatment menemukan bahwa ginkgo dial back ring membantu Anda mendengar 36 persen lebih baik.

3. Lakukan peregangan pada otot rahang

Para ilmuwan di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas mengatakan, peregangan otot rahang dapat mengurangi ketegangan pada struktur telinga yang berperan dalam tinnitus untuk menghentikan suara dengung atau dering.

Cara melakukannya cukup mudah. Buka dan tutup mulut Anda secara perlahan sebanyak 10 kali. Tekuk jari telunjuk Anda dan letakkan buku jari tengah di antara gigi depan atas dan bawah. Kemudian, tahan selama 30 detik. Setelah Anda mulai terbiasa melakukannya, buka mulut Anda lebih lebar dan tumpuk jari tengah di atas jari telunjuk Anda, lalu tahan selama 60 detik. Ulangi enam kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suara telinga
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top