Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anda Selalu Merasa Kelelahan? Berikut 5 Cara untuk Recharge Tubuh Anda

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, bukan hanya pekerjaan fisik yang membuat Anda lelah. Anda juga perlu menghilangkan kekacauan secara mental dan berikut adalah lima cara untuk melakukannya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  08:01 WIB
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja - Freepik
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -  Terlalu banyak bekerja dan sedikit waktu untuk istirahat mungkin membuat Anda merasa sangat lelah di penghujung hari.

Namun, rutinitas seperti itu juga bisa menimbulkan perasaan lelah terus-menerus. Juga dikenal sebagai kelelahan kronis, perasaan ini mungkin terasa abadi dan mungkin cukup sulit untuk dihilangkan.

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, bukan hanya pekerjaan fisik yang membuat Anda lelah. Anda juga perlu menghilangkan kekacauan secara mental dan berikut adalah lima cara untuk melakukannya.

1. Tidur berkualitas

Memastikan bahwa seseorang tidur selama delapan sampai sepuluh jam setiap hari dapat membantu stres fisik tetapi untuk merasa segar keesokan harinya, penting untuk tidur nyenyak, dan bukan hanya dalam hal jumlah jam. Tidur nyenyak tidak terganggu dan memastikan Anda bangun dengan segar. Coba pantau kualitas tidur Anda dan coba perbaiki dengan mencoba metode seperti menjauhi layar setengah jam sebelum tidur.

2. Introvert butuh waktu sendiri

Sementara ekstrovert memperoleh energi mereka dari interaksi dan keterlibatan sosial, introvert sebenarnya terkuras selama proses ini. Untuk mendapatkan kembali energi mereka yang hilang, mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi ulang diri mereka sendiri. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri untuk mengisi ulang dan meremajakan.

3. Menghilangkan stres

Hal lain yang membuat gaya hidup kita yang serba cepat akhirnya hadir di mana-mana adalah stres. Stres sangat umum tetapi jumlah stres yang berlebihan dapat menyebabkan banyak komplikasi mental yang selanjutnya dapat memiliki konsekuensi psiko-somatik. Kelelahan kronis adalah salah satunya. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menghilangkan stres setiap hari.

4. Mengejar hobi

Tidak peduli seberapa besar Anda menyukai pekerjaan Anda, bekerja terlalu banyak selalu bisa menguras tenaga. Selain itu, selalu ada gagasan bekerja untuk tenggat waktu dan jumlah uang yang tetap. Melakukan sesuatu yang Anda sukai, semata-mata untuk kesenangan dapat memiliki efek terapeutik pada pikiran dan tubuh Anda. Ini juga dapat membantu Anda terhubung kembali dengan diri sendiri dengan lebih baik. Cobalah mengejar hobi dan luangkan waktu untuk itu seminggu sekali, setidaknya.

5. Pelesir

Alasan Anda selalu merasa lelah bisa jadi karena monoton, kurangnya perubahan, dan tekanan yang ekstrem. Cobalah dan luangkan waktu untuk melakukan perjalanan dengan orang yang Anda cintai. Perubahan pemandangan dapat membantu pikiran dan tubuh secara seimbang. Selain itu, menghabiskan berhari-hari melakukan apa pun yang Anda inginkan dapat membantu Anda mendapatkan kembali rasa otonomi yang tampaknya hilang saat bekerja. Sebuah perjalanan bisa menjadi solusi untuk keletihan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top