Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Gak Gampang Lelah!

Berikut 5 makanan padat energi yang membuat Anda gak gampang lelah seperti dikutip dari Times of India, Kamis (30/12/2021).  
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  18:36 WIB
Ilustrasi daun Bayam - boldsky.com
Ilustrasi daun Bayam - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Merasa lelah setelah seharian beraktivitas adalah hal yang wajar. Hal yang kadang kurang wajar ketika Anda merasa lelah tanpa alasan, bahkan setelah tidur nyenyak.

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, berarti makan Anda tidak terencana dengan baik dan tidak mampu memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Berikut 5 makanan padat energi yang membuat Anda gak gampang lelah seperti dikutip dari Times of India, Kamis (30/12/2021).  

1. Bayam

Sayuran hijau adalah sumber nutrisi untuk tenaga. Sayuran identik dengan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan beberapa fungsi. Yang paling penting mengandung zat besi, mineral bila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak memadai dapat menyebabkan kelelahan.

Jumlah zat besi yang rendah menyebabkan suplai oksigen yang lebih lambat ke sel-sel otak. Hal tersebut sering mengakibatkan rasa lemah dan lelah. Jadi, cobalah menambahkan lebih banyak bayam ke dalam asupan Anda dengan bereksperimen resep seperti smoothie atau salad.

2. Pisang

Penuh dengan nutrisi potasium, protein, dan serat, pisang adalah buah yang padat energy. Pisang menjadi buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan. Buah ini mengandung tiga gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Gula-gula inilah yang memberikan energi instan.

Buah berwarna kuning ini juga merupakan sumber karbohidrat yang baik, nutrisi makro yang dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Makan pisang secara teratur juga dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah Anda.

3. Buah Bit

Sama seperti bayam, buat bit juga kaya akan zat besi. Selain itu, buah bit juga mengandung nitrat, senyawa yang dapat meningkatkan produktivitas sel penghasil energi tubuh. 

Buah bit dapat membantu meningkatkan produksi dan pasokan nutrisi ke sel, membuat Anda merasa energik. Anda dapat bereksperiman dan memasak buah bit dengan berbagai cara sesuai selera.

4. Kurma

Hanya 2-3 buah kurma dalam sehari yang Anda butuhkan untuk memberi energi pada diri sendiri dan tetap aktif. Buah kering yang manis kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan juga mengekang keinginan Anda untuk makanan manis.

Selain itu, kurma mengandung vitamin B seperti asam pantotenat, folat, dan niasin yang dapat meningkatkan proses metabolism dalam mengubah makanan menjadi energi. Buah ini dapat dengan mudah membantu melawan kelelahan dan kelelahan. Kurma juga bisa menjadi pengganti gula yang alami dan sehat.

5. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan lemak sehat. Kombinasi keduanya dapat membuat Anda tetap puas dan berenergi sepanjang hari. Mereka juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B-12, yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Ingatlah untuk menambahkan telur utuh ke dalam makanan Anda karena semua nutrisi ada di bagian kuningnya.

Memilih makanan untuk kebutuhan sehari-hari baiknya tidak dilakukan secara asal karena akan mempengaruhi mood dan kondisi tubuh. Maka, mulai dari sekarang sambut tahun baru dengan makanan yang lebih sehat dan enak!


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri makanan dan minuman tips sehat diet Imunitas tubuh
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top