Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tanda Kebiasaan Makan Anda Tidak Sehat, Waspada! 

Simak 6 tanda kebiasaan yang harus Anda waspadai karena menunjukkan pola makan tidak sehat.
1

Ilustrasi perempuan makan kudapan dan alkohol saat tengah malam membuat sulit menurunkan berat badan -  Freepik
Ilustrasi perempuan makan kudapan dan alkohol saat tengah malam membuat sulit menurunkan berat badan - Freepik

4. Anda sering merasa lelah

Apakah Anda merasa sangat lesu hampir setiap hari? Kesulitan mengumpulkan energi untuk berolahraga, atau bahkan hanya menyelesaikan tugas dasar sehari-hari, seperti menjalankan tugas? Para ahli mengatakan ada kemungkinan Anda memiliki gula darah rendah.

Untuk mencegah hal ini, Iaboni menyarankan untuk mencoba makan sesuatu setiap tiga hingga empat jam dan pastikan untuk memasukkan kombinasi protein serta karbohidrat di setiap camilan atau makanan. Beberapa contoh kombinasi ini termasuk apel dengan almond, wortel dengan hummus, roti gandum dengan telur, atau biskuit gandum dengan selai kacang.

“Jika hal tidak membantu, maka Anda harus pergi menemui dokter,” ucap Iaboni. Mereka mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah Anda kekurangan nutrisi atau masalah medis lainnya yang menyebabkan kelelahan Anda.

5. Anda tidak bisa berkonsentrasi

Jika Anda kesulitan untuk fokus di tempat kerja atau bahkan hanya dalam percakapan sosial, maka Mussatto mengatakan diet Anda mungkin yang harus disalahkan.

“Mungkin otak Anda membutuhkan dorongan asam lemak Omega-3,” tegasnya. “Omega-3 sangat penting untuk fungsi dan perkembangan otak normal.”

Kenari, biji rami, atau biji chia mungkin dikemas dengan asam lemak tersebut, tetapi Mussatto mengatakan bahwa sumber terbaik Omega-3 adalah ikan berlemak air dingin, seperti salmon, tuna, atau mackerel.

6. Anda sering sakit

Jika Anda sering jatuh sakit karena pilek dan virus lainnya, maka pilihan nutrisi yang buruk (yang dapat membahayakan fungsi sistem kekebalan Anda) mungkin menjadi penyebabnya.

Mussato sangat merekomendasikan untuk menghilangkan sebanyak mungkin makanan olahan dari diet Anda dan menambahkan lebih banyak buah segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak.

“Makanan ini sarat dengan vitamin A, C, E, seng, selenium, zat besi, dan asam folat, yang semuanya baik untuk meningkatkan kekebalan dan merangsang pembentukan antibodi,” ujar Mussatto

Anda mengalami salah satu tanda di atas? Memang benar bahwa tanda-tanda tersebut tidak selalu merupakan indikator dari pola makan yang buruk. Oleh karena itu, para ahli sangat menyarankan untuk menemui dokter atau ahli diet terdaftar untuk mengubah kebiasaan makan Anda jadi lebih baik.

Hidup sehat dan makan sehat bisa jadi menantang. Di sini peran ahli diet dapat membantu dan mendampingi Anda menuju pola makan sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

“Tidak ada rencana diet satu ukuran untuk semua. Dengan mengidentifikasi strategi makan sehat ideal seseorang yang paling bermanfaat bagi individu, mereka dapat menawarkan saran untuk membuat penyesuaian bertahap pada diet mereka dari waktu ke waktu,” kata Mussatto.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat diet pola makan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top