Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khasiat Madu untuk Redakan Asam Lambung

Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi melemahnya sfingter atau katup yang berada di kerongkongan bagian bawah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Maret 2022  |  21:31 WIB
Khasiat Madu untuk Redakan Asam Lambung
Asam lambung perlu diwaspadai. - Bisnis/ nurul hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi madu adalah meningkatkan kesehatan lambung.

Kandungan zat besi, vitamin, mineral, enzim, serat, hingga kalium yang terkandung dalam madu dinilai efektif menyembuhkan berbagai penyakit lambung, seperti GERD.

Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi melemahnya sfingter atau katup yang berada di kerongkongan bagian bawah.

Sfingter akan terbuka untuk memungkinkan minuman dan makanan masuk ke lambung. Sfingter akan menutup kembali setelah makanan dan minuman masuk ke lambung untuk mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Sementara pada penderita GERD, katup atau sfingter ini melemah dan tidak dapat menutup dengan baik. Kondisi inilah yang menyebabkan makanan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan lapisan kerongkongan teriritasi.

Penyebab utama GERD adalah pola hidup yang tidak sehat dan pola makan tidak teratur. Biasanya, asam lambung yang naik ditandai dengan mulut terasa asam, nyeri ulu hati, kesulitan menelan, gangguan pernapasan, serta mual dan muntah.

Meskipun bukan penyakit menular, GERD yang dibiarkan secara terus-menerus dapat menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Gejala GERD dapat ditekan dengan mengonsumsi obat-obatan dan memperbaiki pola hidup dengan menghindari makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti alkohol, cokelat, mint, kopi, makanan pedas dan berlemak, serta susu. Selain itu, penderita GERD baiknya berhenti merokok dan menjaga berat badan tetap ideal.

Yasril, Direktur CV Fira Herbalindo produsen Zestmag mengatakan, madu yang dikombinasi dengan beragam bahan kandungan lainnya juga mampu meningkatkan khasiatnya dalam mencegah dan mengobati masalah lambung.

Seperti Curcumae Domestica Rhizoma yang berfungsi sebagai antibiotik untuk menetralisir sisa pencernaan. Hal ini karena sisa-sisa pencernaan yang tidak terurai dan terserap oleh tubuh akan mengendap di dalam usus, sehingga membuatnya meradang.

Selain itu, Curcumae Xanthorizza Rhizoma yang mampu menghambat penyerapan gula, lemak, dan kolesterol dalam tubuh. Kandungan lainnya adalah Cinnamomum Burmanni yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan makanan. Kandungan ini juga berkhasiat meredakan pepsi dari dinding lambung dan meredakan asam lambung.

“Juga kandungan Nigella Sativa yang berperan sebagai antioksidan dan berfungsi sebagai anti peradangan. Sementara kandungan Coriandrum Sativum membantu produksi enzim pencernaan, sehingga proses pencernaan lebih mudah dan mengurangi perut kembung,” Ungkapnya.

Madu juga disebutkan mampu meningkatkan sistem imun dan memperbaiki fungsi saluran pencernaan, mengatasi radang usus, perut kembung, hingga maag kronis. Madu juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan nafsu makan pada anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

madu asam lambung gerd
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top