Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Health

Hati-hati Lho, Kebiasaan Tidur Ini Bisa Bikin Tubuh Anda Gemuk

Robby Fathan
Jumat, 18 Maret 2022 - 21:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bertambahnya berat badan bisa membuat frustasi, termasuk juga saat Anda mencoba menurunkan berat badan.

Sangat penting untuk melakukan beberapa olahraga ke dalam padatnya rutinitas harian Anda dan memperhatikan asupan kalori Anda jika ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan tidur buruk yang Anda lakukan yang dapat menyababkan kenaikan berat badan ?

Beberapa hal yang mungkin Anda lakukan di malam hari yang merugikan kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan, dan beberapa perubahan yang ingin Anda lakukan sesegera mungkin berikut ini dilansir dari Eat This.

1. Tidur kurang dari 6 jam setiap malam

Ada hubungan antara kurang tidur dan variasi negatif dalam metabolisme Anda. Studi sebenarnya menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan obesitas . Menurut Mayo Clinic, ini mungkin berkaitan dengan fakta bahwa jumlah waktu tidur yang Anda miliki atau tidak dapat memengaruhi dua jenis hormon dalam tubuh Anda, leptin dan ghrelin, yang mengontrol rasa lapar.

Rivera memperingatkan bahwa penting untuk tidak tidur kurang dari 6 jam setiap malam. Apa pun yang kurang dari jumlah waktu itu terkait dengan penambahan berat badan. Jadi, jika Anda tidak mendapatkan istirahat yang kurang dari 6 jam, itu bisa menjadi alasan mengapa timbangan Anda naik.

2. Langsung tidur setelah makan

Kebiasaan buruk lain yang mungkin Anda lakukan adalah langsung tertidur setelah makan.

Rivera memperingatkan bahwa tidur tepat setelah makan malam memiliki dua hal negatif. Tidak hanya akan mencegah Anda membakar kalori yang baru saja Anda konsumsi, tetapi tidur setelah makan juga dapat memicu refluks asam.

Perut yang penuh ini dapat menyebabkan reaksi berantai, karena refluks asam dapat mencegah tidur malam yang nyenyak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan Anda bertambah gemuk.

3. Minum minuman beralkohol

Meskipun alcohol dapat membuat kita tertidur, faktanya minuman alkohol justru akan memberikan kualitas tidur yang buruk di malam hari, Sekitar 30 persen orang dengan insomnia melaporkan mereka mengonsumsi alkohol untuk membantu mereka tidur. Alkohol dapat menggangu ritme sirdakian, membuat terbangun dan buang air kecil di malam hari, dan dapat menggangu pernapasan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro