Cek prostat di Rumah sakit
Health

Suplemen Ini Diklaim Bisa Sebabkan Kanker Prostat pada Pria

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Maret 2022 - 08:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Suplemen digunakan oleh banyak orang untuk membantu menambah kadar vitamin.

Vitamin dan mineral, seperti zat besi, kalsium, vitamin C, dan vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk bekerja dengan baik.

Tetapi bukti telah menunjukkan efek negatif dari mengonsumsi suplemen tertentu yang berkaitan dengan hubungannya dengan kanker.

Asam folat adalah versi buatan dari vitamin folat (juga dikenal sebagai vitamin B9).

Folat membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat dan ditemukan dalam makanan tertentu.

Suplemen ini digunakan untuk mencegah dan mengobati kadar folat darah rendah (defisiensi folat) dan kadar homosistein darah tinggi (hiperhomosisteinemia).

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen asam folat terkait dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

Studi menunjukkan hubungan antara suplemen asam folat dan peningkatan risiko kanker prostat.

Pria dalam penelitian yang mengonsumsi vitamin dosis tinggi memiliki peningkatan risiko kanker prostat lebih dari dua kali lipat, dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi suplemen asam folat.

Temuan menyoroti potensi peran kompleks folat dalam kanker prostat dan kemungkinan efek yang berbeda dari suplemen yang mengandung asam folat vs sumber alami folat.

Dokter Jane C. Figueiredo dari University of Southern California, Los Angeles mengatakan: "Apa yang dapat kita katakan adalah bahwa banyak folat tidak mungkin bermanfaat untuk kanker prostat, dan itu mungkin berbahaya," katanya.

Dalam analisis, pria secara acak diberikan plasebo atau suplemen dengan aspirin dosis rendah harian dan 1 miligram asam folat setiap hari -- dua setengah kali dosis vitamin harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita yang tidak hamil atau menyusui. .

"Mereka yang mengonsumsi aspirin saja tidak memiliki efek signifikan pada kejadian kanker prostat, tetapi mengonsumsi asam folat ditemukan meningkatkan risiko kanker prostat sebesar 163 persen," kata WebMD dilansir dari Express.

Dalam tajuk rencana yang menyertainya, dua ahli kanker dan nutrisi menyimpulkan bahwa ”prospek pencegahan kanker melalui suplementasi mikronutrien tidak pernah tampak lebih buruk”.

Dalam penelitian lain yang diterbitkan di BMJ, risiko kanker dengan suplementasi asam folat dianalisis lebih lanjut.

Meta-analisis dari enam uji coba terkontrol secara acak melaporkan kejadian kanker prostat untuk pria yang menerima asam folat dibandingkan dengan kontrol.

“Tidak ada perbedaan signifikan dalam insiden kanker yang ditunjukkan antara kelompok yang menerima asam folat dan kelompok plasebo/kontrol, untuk jenis kanker lainnya,” catat penelitian tersebut.

Disimpulkan: “Sebuah meta-analisis dari 10 RCT menunjukkan peningkatan yang signifikan pada frekuensi kanker secara keseluruhan pada kelompok asam folat dibandingkan dengan kontrol.

“Kanker prostat adalah satu-satunya jenis kanker yang ditemukan meningkat setelah suplementasi asam folat.

“Studi prospektif perkembangan kanker pada populasi di mana makanan yang diperkaya dengan asam folat dapat menunjukkan apakah fortifikasi yang mirip dengan suplemen cukup meningkatkan risiko kanker prostat.”

Menurut NHS, asam folat juga dapat mempengaruhi cara kerja obat lain.

"Jangan mengonsumsi asam folat dalam waktu dua jam sebelum atau setelah mengonsumsi obat gangguan pencernaan (antasida yang mengandung aluminium atau magnesium), karena dapat menghentikan penyerapan asam folat dengan benar," peringatan tubuh kesehatan.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan ini sebelum mulai mengonsumsi asam folat:

1. Methotrexate, obat yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, penyakit Crohn, psoriasis dan beberapa jenis kanker

2. Fenitoin, fosfenitoin, fenobarbital atau primidon, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati epilepsi

3. Fluorouracil, capecitabine, raltitrexed atau tegafur, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker

4. Antibiotik, obat yang digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi bakteri

5. Obat-obatan atau pengobatan alternatif yang mengandung seng (termasuk pelega tenggorokan dan obat flu)

6. Sulfasalazine, obat yang digunakan untuk mengobati kondisi radang usus kolitis ulserativa dan penyakit Crohn

7. Cholestyramine, obat yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro