Jari tangan./Istimewa
Health

Ukuran Panjang Jari Menentukan Risiko Seseorang Terkena Covid

Mia Chitra Dinisari
Senin, 4 April 2022 - 08:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - COVID-19 mempengaruhi setiap individu secara berbeda. Bahkan jika mereka memiliki berat yang sama dan menderita kondisi kesehatan yang sama, mereka mungkin mengalami gejala yang berbeda dan menghadapi berbagai kesulitan.

Ini adalah salah satu misteri yang masih coba dipecahkan oleh para ilmuwan. Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan hingga saat ini, gen, jenis kelamin, lingkungan, pola makan, dan beberapa faktor lain dapat meningkatkan kemungkinan infeksi parah dan bahkan mengembangkan COVID yang lama.

Dalam upaya lain untuk memahami sifat virus menular, para ilmuwan baru-baru ini melakukan penelitian rumit di mana terungkap bahwa kuku seseorang dapat mengetahui apakah dia lebih rentan menderita COVID-19 yang berkepanjangan.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports pada 17 Maret menunjukkan bahwa orang dengan jari manis yang lebih pendek dibandingkan dengan jari telunjuk mereka mungkin berisiko lebih tinggi terkena COVID-19. Sebuah tim peneliti dari Universitas Swansea di Inggris, Universitas Kedokteran Lodz di Polandia, dan Rumah Sakit Universitas Karolinska Swedia melakukan penelitian untuk memahami bagaimana kadar hormon seseorang (terutama testosteron) dapat memengaruhi pemulihan mereka ketika terinfeksi COVID-19.

Temuan penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan jari manis yang lebih pendek lebih rentan untuk mengembangkan COVID yang parah dan dirawat di rumah sakit karena komplikasi yang terkait dengannya. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa orang dengan perbedaan ukuran yang lebih besar antara jari di tangan kanan dan kiri memiliki risiko komplikasi parah yang lebih tinggi dari virus menular.

Untuk tes tersebut, para ilmuwan mengevaluasi penelitian sebelumnya yang dilakukan untuk menghitung kadar hormon dengan memeriksa panjang jari seseorang. Sesuai penelitian ini, memiliki jari manis yang lebih panjang adalah tanda kadar testosteron yang lebih tinggi selama pertumbuhan di dalam rahim, sedangkan jari telunjuk yang lebih panjang adalah tanda kadar estrogen yang lebih tinggi.

Para peneliti percaya bahwa mungkin ada hubungan antara testosteron dan tingkat keparahan COVID-19 karena telah disaksikan bahwa pria lanjut usia termasuk yang paling mungkin menderita hasil parah dari COVID-19.

Studi

Untuk memperluas penelitian sebelumnya, para peneliti mengumpulkan 154 peserta dan mengukur panjang jari mereka di masing-masing tangan. Di antara para peserta, 54 orang telah terinfeksi COVID-19. Pada akhirnya, mereka menemukan bahwa orang dengan rasio ukuran yang lebih besar antara jari kedua dan keempat serta antara jari ketiga dan kelima menderita virus corona yang parah dibandingkan dengan orang lain. Ini berarti bahwa testosteron rendah dan estrogen tinggi pada pria dan wanita menempatkan mereka pada risiko terkena infeksi virus corona yang parah.

Cara mengurangi risiko terinfeksi virus corona

Meskipun kasus virus corona telah turun dalam sebulan terakhir, penting untuk mengikuti norma-norma agar tetap aman. Mendapatkan vaksinasi Anda, memakai masker, menghindari pertemuan sosial dan menjaga kebersihan adalah satu-satunya cara untuk menghindari kontak dengan virus menular. Selain itu, makan sehat dan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro