Ilustrasi ruang operasi/hopkinsmedicine.org
Health

Jangan Konsumsi Makanan Pedas Pasca Operasi, Ini Alasannya

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 6 April 2022 - 12:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA —Ada banyak hal yang perlu Anda ingat saat mempersiapkan operasi. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang apa yang perlu Anda lakukan malam sebelumnya, mencakup hal-hal seperti tidur nyenyak dan puasa.

Apa yang perlu Anda lakukan setelah operasi sama pentingnya dengan apa yang perlu Anda lakukan sebelumnya. Setelah prosedur pembedahan, dokter Anda bisa jadi memberi Anda panduan tentang apa yang harus dimakan dan makanan apa yang harus dihindari dalam beberapa minggu mendatang. Anda mungkin tidak akan menjalani diet ketat dan harus menyadari apa yang tidak boleh Anda makan untuk hasil pemulihan terbaik.

Hindari Makanan Pedas

Salah satu kategori makanan yang harus Anda hindari setelah operasi adalah makanan pedas. Makanan pedas dapat mengganggu perut Anda setelah anestesi lokal. Mual dan muntah sudah merupakan efek samping umum dari menjalani operasi, jadi makanan pedas dapat menyebabkan gejala tersebut menjadi lebih buruk.

Setiap orang memiliki toleransi yang berbeda untuk rempah-rempah dan perlu menentukan tingkat rempah-rempah yang terbaik untuk mereka makan setelah operasi. Jika makanan Anda cenderung mengandung banyak rempah-rempah dan paprika, cobalah memasak tanpanya atau makan dalam jumlah kecil sekaligus untuk menguji apakah makanan tersebut membuat Anda merasa mual atau tidak.

Makanan Terbaik Setelah Operasi

Untungnya, ada banyak makanan yang dapat Anda nikmati setelah operasi yang akan membantu Anda pulih secepat mungkin. Mendapatkan cukup serat sangat penting setelah operasi. Banyak orang berjuang dengan sembelit setelah operasi. Makan makanan kaya serat dapat melawan efek sembelit dan membantu Anda kembali ke buang air besar secara teratur. Contohnya roti gandum, jagung, oatmeal, buah-buahan dan sayuran segar.

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda makan cukup protein setelah operasi. Otot dan jaringan sering rusak selama operasi dan tubuh Anda membutuhkan protein untuk memperbaiki area tersebut. Protein juga dapat membantu Anda melawan infeksi. Beberapa makanan berprotein tinggi yang baik untuk dimakan setelah operasi adalah ayam, quinoa, kacang merah, dan telur.

Cobalah untuk memasukkan protein ke dalam semua makanan Anda dan pilihlah pilihan makanan utuh berkualitas tinggi. Namun, protein shake bisa menjadi cara yang bagus untuk melengkapi diet Anda, terutama jika Anda kesulitan makan makanan padat untuk sementara waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro