Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Ingin Panjang Umur

Berikut 6 makanan yang harus Anda hindari jika ingin panjang umur dan sehat seperti di Zona Biru
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 07 April 2022  |  13:58 WIB
Minuman manis - Istimewa
Minuman manis - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Semenanjung Nicoya di Kosta Rika adalah salah satu "Zona Biru", wilayah yang terkait dengan kesehatan dan umur panjang. "Zona Biru" adalah tempat di dunia di mana orang hidup paling lama dan paling sehat.

Orang-orang di wilayah tersebut cenderung memiliki pola makan yang sama, dengan sedikit makanan olahan atau tambahan gula. Para ahli menyarankan ada manfaat kesehatan untuk membatasi makanan seperti daging merah, biji-bijian olahan, dan permen.

Dilansir dari Insider, zona Biru bervariasi secara geografis dan menurut masakan, mencakup Yunani dan Italia serta Kosta Rika dan Jepang, tetapi berbagi pola makan yang sama.

Berikut 6 makanan yang harus Anda hindari jika ingin panjang umur dan sehat seperti di Zona Biru:

1. Makanan olahan, dari makanan ringan hingga makanan kemasan

Makanan ultra-olahan memang praktis dan enak, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu tidak baik untuk kesehatan kita. Satu ciri pemersatu dari diet Zona Biru adalah bahwa mereka mengandalkan makanan utuh yang tidak diproses. Makanan pokok seperti nasi, kacang-kacangan, dan sayuran lebih diutamakan daripada makanan praktis dan makanan ringan, yang penuh dengan tambahan lemak, garam, gula, dan pengawet.

2.  Gula tambahan, mulai dari makanan ringan hingga saus

Untuk kesehatan yang lebih baik, hindari camilan manis dan ganti dengan alternatif bergizi seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Salah satu penyebab diet menyabotase umur panjang adalah terlalu banyak gula dan gula ada di mana-mana dalam makanan olahan. Terlalu banyak makanan manis dapat menyebabkan penambahan berat badan, masalah suasana hati, kondisi kulit, dan risiko diabetes.

3.  Biji-bijian olahan seperti roti putih, pasta, dan kue kering dihindari demi biji-bijian berserat tinggi

Diet Zona Biru terkenal tinggi karbohidrat, tetapi dengan peringatan penting yaitu mereka lebih menyukai biji-bijian asli bukan olahan. Saat biji-bijian diproses, nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral dihilangkan untuk menciptakan tekstur yang lebih pulen dan awet. Akibatnya, makanan seperti roti putih, pasta, adonan pizza, dan kue kering memberikan kalori tetapi sedikit manfaat nutrisi lainnya.

4. Daging merah, terutama daging olahan seperti sosis

Diet Zona Biru cenderung memprioritaskan sumber protein seperti kacang-kacangan dan makanan laut daripada daging merah. Diet Zona Biru hampir seluruhnya berbasis tanaman. Penelitian telah menunjukkan orang yang makan lebih banyak daging cenderung memiliki tingkat penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya yang lebih tinggi.

5. Minuman manis, termasuk minuman diet

Bahkan minuman manis versi diet dapat merusak kesehatan Anda. Minuman manis seperti soda, jus, minuman energi, dan sejenisnya adalah salah satu sumber gula tambahan yang paling umum dalam diet standar Amerika. Konsumsi tinggi dikaitkan dengan risiko kanker dan penyakit lainnya yang lebih besar.

6. Lemak hewani sering diganti dengan minyak zaitun

Mengganti minyak zaitun dengan mentega memiliki manfaat kesehatan. Karena diet Zona Biru sebagian besar berbasis tanaman, mereka cenderung sangat bergantung pada minyak zaitun dan sumber lemak serupa. Lemak tak jenuh ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, dibandingkan dengan lemak jenuh dari produk hewani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

usia tips sehat panjang umur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top