Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Survei Kebiasaan Masyarakat Saat Puasa dari Pemilihan Makanan, Kegiatan Hingga Preferensi Belanja

Simak data lengkap seputar kebiasaan masyarakat selama menjalankan ibdaha puasa bulan Ramadan baik dalam hal pemilihan menu makanan, kebiasaan kegiatan, maupun preferensi belanja, di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 10 April 2022  |  09:28 WIB
Hasil Survei Kebiasaan Masyarakat Saat Puasa dari Pemilihan Makanan, Kegiatan Hingga Preferensi Belanja
Umat muslim menikmati menu buka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (6/5/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Simak data lengkap seputar kebiasaan masyarakat selama menjalankan ibdaha puasa bulan Ramadan baik dalam hal pemilihan menu makanan, kebiasaan kegiatan, maupun preferensi belanja, di sini.

Data yang dihimpun oleh DataIndonesia.id antara lain mencakup apa yang dilakukan dalam persiapan dalam menyambut bulan Ramadan, aktivitas yang dilakukan saat sahur dan berbuka, cara persiapan untuk sahur dan berbuka, menu makanan favorit saat berbuka puasa, survai harapan saat bulan Ramadan, pertimbangan dalam memilih buka puasa bersama, serta anggaran belanja saat bulan puasa. Simak data dan visualisasinya melalui tautan ini.

Umat muslim merayakan bulan suci Ramadan dengan berpuasa sehari penuh selama satu bulan lamanya. Selain dengan berpuasa, rupanya ada berbagai kebiasaan khas umat muslim di Indonesia saat bulan suci itu tiba.

Hal tersebut tergambar dalam perilaku mereka sehari-hari, baik ketika menyambut maupun menjalankan Ramadan. Salah satu perilaku yang kerap dilakukan umat muslim di dalam negeri dalam menyambut Ramadan adalah membersihkan rumah.

Sebagaimana terlihat dari hasil survei Populix berjudul Embracing Ramadan 2022, ada 70% responden muslim yang melakukan kegiatan tersebut.  Ada pula responden yang memasok makanan dan minuman masing-masing sebesar 66% dan 47%. Kemudian, sebanyak 43% responden membeli baju baru menyambut Ramadan.

Sebanyak 30% responden juga membeli perlengkapan ibadah dalam menyambut Ramadan. Sementara, responden yang merenovasi rumah dan memperbaiki kendaraannya berturut-turut sebesar 12% dan 9%.

Kebiasaan lain yang kerap dijalankan umat muslim Indonesia selama Ramadan juga terlihat ketika momen sahur dan berbuka puasa. Di Indonesia, kedua waktu tersebut banyak dimanfaatkan oleh umat muslim dengan melakukan aktivitas religi, seperti membaca Al-Quran.

Menurut survei Jakpat, sebanyak 50% responden muslim membaca Al-Quran ketika waktu sahur. Sedangkan, ada 51% responden yang membaca Al-Quran di waktu berbuka puasa.

Simak data dan visualisasi selengkapnya di sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top