Umat muslim menikmati menu buka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (6/5/2019)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
Fashion

Hasil Survei Kebiasaan Masyarakat Saat Puasa dari Pemilihan Makanan, Kegiatan Hingga Preferensi Belanja

DataIndonesia.id
Minggu, 10 April 2022 - 09:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Simak data lengkap seputar kebiasaan masyarakat selama menjalankan ibdaha puasa bulan Ramadan baik dalam hal pemilihan menu makanan, kebiasaan kegiatan, maupun preferensi belanja, di sini.

Data yang dihimpun oleh DataIndonesia.id antara lain mencakup apa yang dilakukan dalam persiapan dalam menyambut bulan Ramadan, aktivitas yang dilakukan saat sahur dan berbuka, cara persiapan untuk sahur dan berbuka, menu makanan favorit saat berbuka puasa, survai harapan saat bulan Ramadan, pertimbangan dalam memilih buka puasa bersama, serta anggaran belanja saat bulan puasa. Simak data dan visualisasinya melalui tautan ini.

Umat muslim merayakan bulan suci Ramadan dengan berpuasa sehari penuh selama satu bulan lamanya. Selain dengan berpuasa, rupanya ada berbagai kebiasaan khas umat muslim di Indonesia saat bulan suci itu tiba.

Hal tersebut tergambar dalam perilaku mereka sehari-hari, baik ketika menyambut maupun menjalankan Ramadan. Salah satu perilaku yang kerap dilakukan umat muslim di dalam negeri dalam menyambut Ramadan adalah membersihkan rumah.

Sebagaimana terlihat dari hasil survei Populix berjudul Embracing Ramadan 2022, ada 70% responden muslim yang melakukan kegiatan tersebut.  Ada pula responden yang memasok makanan dan minuman masing-masing sebesar 66% dan 47%. Kemudian, sebanyak 43% responden membeli baju baru menyambut Ramadan.

Sebanyak 30% responden juga membeli perlengkapan ibadah dalam menyambut Ramadan. Sementara, responden yang merenovasi rumah dan memperbaiki kendaraannya berturut-turut sebesar 12% dan 9%.

Kebiasaan lain yang kerap dijalankan umat muslim Indonesia selama Ramadan juga terlihat ketika momen sahur dan berbuka puasa. Di Indonesia, kedua waktu tersebut banyak dimanfaatkan oleh umat muslim dengan melakukan aktivitas religi, seperti membaca Al-Quran.

Menurut survei Jakpat, sebanyak 50% responden muslim membaca Al-Quran ketika waktu sahur. Sedangkan, ada 51% responden yang membaca Al-Quran di waktu berbuka puasa.

Simak data dan visualisasi selengkapnya di sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro