Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja/Freepik
Health

4 Tips untuk Tingkatkan Kemampuan Fokus dan Konsentrasi

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 13 April 2022 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga fokus pada suatu hal yang sedang dikerjakan terkadang terasa mudah. Namun, hal itu bisa sangat sulit ketika fokus Anda terus-menerus terganggu.

Pengalihan hanya dengan suara kecil bisa membuyarkan konsentrasi. Bahkan pada saat tenang, gangguan praktis ada di tangan saat Anda memeriksa notifikasi media sosial atau berita utama terbaru.

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda dapat menjulang produktivitas serta kualitas pekerjaan Anda. Mempertahankan perhatian memungkinkan untuk membangun realitas internal sedemikian rupa sehingga pikiran, motivasi, dan emosi yang paling relevan dengan tujuan dapat mengambil tempat terdepan dalam dipikiran Anda.

Catat, ini 4 tips agar Anda dapat meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi saat bekerja, seperti yang dilansir dari Pink Villa pada Rabu (13/4/2022).

4 Tips untuk Tingkatkan Kemampuan Fokus dan Konsentrasi saat Bekerja

1. Latih otak

Tubuh lebih rentan merasa terpencar, sulit fokus, atau pelupa jika tidak berolahraga dan menjaga pikiran tetap segar. Anda tidak perlu untuk pergi ke gym selama tiga bulan dan kemudian memiliki otot, serta kekuatan. Anda bisa mencoba melakukan olahraga ringan di rumah setiap hari untuk melatih pikiran.

Sementara itu, ada jenis permainan tertentu yang dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi. Anda bisa mencoba teka-teki sudoku dan teka-teki silang, jigsaw dan catur, dan permainan memori yang melibatkan pencarian kata atau pengacakan.

2. Hilangkan gangguan

Tidak selalu sesederhana kedengarannya untuk mengurangi sumber gangguan ini. Meskipun terlihat semudah mematikan televisi atau radio, berurusan dengan rekan kerja, pasangan, anak, atau teman sekamar yang mengganggu mungkin jauh lebih sulit.

Untuk membatasi atau menghilangkan gangguan internal seperti itu, pastikan Anda cukup istirahat sebelum melakukan aktivitas, dan gunakan ide-ide positif guna memerangi ketakutan dan kekhawatiran. Jika pikiran Anda mengembara ke pikiran yang mengganggu, secara sadar kembalikan perhatian Anda ke aktivitas yang ada.

3. Meditasi

Meditasi bermanfaat karena berbagai alasan. Ini mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan dapat meningkatkan rentang perhatian Anda. Menurut penelitian, meditasi dapat meningkatkan materi abu-abu di otak, yang meningkatkan memori dan kognisi.

Mulai pagi Anda dengan sesi meditasi kecil untuk menuai manfaat meditasi di tempat kerja. Meditasi bisa sesederhana duduk tegak di tempat tidur selama beberapa menit dan fokus pada pernapasan Anda.

4. Tingkatkan kesejahteraan

Aktivitas fisik, kebiasaan makan, dan berat badan adalah sejumlah faktor yang dapat memengaruhi kualitas konsentrasi Anda. Misalnya, jika Anda melewatkan sarapan, maka Anda tidak mungkin dapat menyelesaikan tugas dengan kemampuan terbaik pada tengah hari karena sensasi lapar. Menjaga kesehatan Anda, tetap aktif, dan konsumsi makanan yang meningkatkan konsentrasi, dapat membantu tubuh meningkatkan konsentrasi Anda.

Inefisiensi terjadi karena kurangnya konsentrasi. Hal yang kurang dikenal adalah bahwa pikiran yang terkonsentrasi berhasil bukan hanya karena dapat memecahkan masalah lebih cepat, tetapi juga karena kesulitan tampaknya menguap sebelum energi terkonsentrasi, bahkan tanpa perlu dipecahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro