Pengunjung menikmati suasana di kawasan M Bloc Space, Blok M, Jakarta, Sabtu (19/12/2020). Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021, Pemprov DKI melakukan pembatasan jam operasional restoran hingga pukul 19.00 WIB mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Kuliner

Rekomendasi 5 Tempat Ngabuburit di Jakarta yang Irit Budget

Newswire
Senin, 18 April 2022 - 16:17
Bagikan

Ngabuburit Irit Budget di Jakarta

3. Lapangan Banteng

Lapangan Banteng berlokasi di pusat kota Jakarta, tak jauh dari Hotel Borobudur. Tempat ini merupakan taman kota yang menjadi saksi bisu sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dulunya Lapangan Banteng diberi nama Waterlooplein untuk memperingati kemenangan Belanda pada pertempuran di Waterloo, Belgia dengan patung singa di atasnya--sehingga dulu dikenal juga dengan sebutan Lapangan Singa. Namun, setelah Indonesia merdeka namanya diganti menjadi Lapangan Banteng.

Seiring berjalannya waktu, Lapangan Banteng kini difungsikan sebagai taman kota untuk rekreasi atau berolahraga. Masyarakat bisa bermain sepeda, bermain di arena permainan anak, hingga menyaksikan pertunjukkan air mancur yang berlangsung setiap Sabtu atau Minggu mulai pukul 18.30-20.15 WIB. Selain itu, Lapangan Banteng dikelola langsung oleh pemerintah DKI Jakarta sehingga para pengunjung tak perlu membayar biaya masuk.

4. M Bloc Space

Sejak diresmikan pada 26 September 2019, M Bloc Space tak pernah sepi pengunjung. Area ini dibuat khusus sebagai ruang kreatif dan pentas musik bagi komunitas lokal mulai dari seniman, musisi, hingga pegiat industri kreatif.

Berlokasi di Komplek Peruri, Melawai, di sini terdapat juga M Bloc Shophouse yang menjual berbagai macam produk dari brand lokal mulai dari makanan, pernak-pernik, komik, kaset, hingga piringan hitam.

5. Setu Babakan

Di Setu Babakan, Anda bisa ngabuburit sambil mengenal budaya masyarakat Betawi. Tempat ini merupakan danau buatan dengan luas sekitar 30 hektare yang di dalamnya terdapat Perkampungan Kampung Betawi.

Selain Kampung Betawi, Setu Babakan juga menawarkan berbagai wisata mulai dari wisata budaya, wisata air, wisata agro, dan atraksi. Terdapat pula pergelaran seni musik, tari, dan teater tradisional Betawi di sini.

Selain itu, Anda juga bisa mencicipi kuliner dan sajian khas Ramadan seperti kerak telor, kue rangi, tape uli, biji salak, dan bir pletok. Di sini juga terdapat budidaya ikan air tawar sehingga pengunjung bisa memancing.

Jika berkunjung ke Setu Babakan, Anda hanya perlu mengeluarkan uang parkir karena tiket masuk gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro