Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Cara Mengatasi Depresi

Salah satu cara termudah untuk menghindari gejolak kesehatan mental adalah dengan membuat rutinitas yang ketat dan memperbaiki pola tidur.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 21 April 2022  |  16:39 WIB
Ilustrasi Depresi - Istimewa
Ilustrasi Depresi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Depresi merupakan kondisi mental yang paling umum terjadi. Walaupun terjadi secara umum, depresi juga harus dapat bisa dihindari secepat mungkin karena dapat memicu kematian bagi sebagian orang.

World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia. Biasanya depresi ditandai dengan selalu merendahkan diri sendiri, mengalami kesedihan yang ekstrim, hilangnya nafsu makan dan rasa terpuruk yang tidak ada ujungnya.

Dilansir The Bolde pada Kamis (21/4/2022), membagikan tips untuk beranjak pergi dari perasaan depresi menurut pengalaman pribadi dan mungkin bisa juga dipraktekan pada hidup Anda.

Simak 10 tips melawan dikala depresi melanda:

1. Mencari Bantuan Profesional

Setelah mulai muncul tanda-tanda depresi lebih baik Anda langsung menghubungi bantuan profesional dibidangnya, bisa dengan menghubungi dokter. Saat setelah menghubungi dokter biasanya akan diresepkan antidepresan jika sudah diperlukan. 

Opsi lainnya segera untuk menemui terapis karena disini Anda bisa berbicara dengan seseorang tanpa dihakimi dan juga Anda akan menerima nasihat profesional lalu terapkanlah pada kehidupan sehari-hari secara bertahap.

2. Mulai Mengisi Waktu Dengan Lebih Bijak

Lakukanlah kegiatan untuk mengisi waktu luang yang hanya berhubungan dengan diri sendiri  dan itu membuat Anda senang seperti membaca buku, mengisi waktu bersantai dengan olahraga dan musik.  Karena dengan seperti itu suasana hati meningkat secara drastis dan membuat perasaan depresi semakin berkurang.

Berbeda dengan waktu dihabiskan dengan scrolling media sosial tentunya akan ada saja yang memicu perasaan yang tidak sehat dan akan membuat pikiran terbebani, disarankan juga sudah mencapai tahap ini adalah detoks media sosial.

3. Menerapkan Rutinitas Harian yang Ketat

Salah satu cara termudah untuk menghindari gejolak kesehatan mental adalah dengan membuat rutinitas yang ketat. Memiliki rutinitas untuk diikuti memberikan motivasi, pencapaian, dan sesuatu yang dinanti-nantikan setiap hari. Hal kecil yang bisa dilakukan untuk permulaan adalah dengan memperbaiki pola tidur yang sehat.

4. Apresiasi Diri itu Penting

Lakukan pujian untuk diri sendiri karena hal ini dapat menambah getaran positif pada hidup, seperti yang dilakukan penulis Bolde,com seperti mengisi stoples dengan afirmasi yang tak terhitung jumlahnya seperti, "Saya cantik," "Saya berbakat," dan "Saya dicintai." Setiap pagi, dia memilih afirmasi secara acak dan mengulangi afirmasi itu kepada dirinya sendiri sepanjang hari.

Percaya diri adalah kunci utama saat melawan depresi, dan ini membantu menyadari bahwa Anda bernilai. Semakin Anda memahami nilai Anda, semakin Anda mulai mencintai diri sendiri. Akhirnya, Anda mulai meragukan pikiran negatif yang sering dilakukan saat depresi.

5. Lawan Pikiran Negatif Dengan Dua Pikiran Positif

Cara tercepat menuju pikiran negatif adalah melalui pikiran positif. Setiap kali Anda merasa gelap dan suram, maka pikiran adalah refleksi yang tepat. Untuk menghindari pola pikir negatif ini  dengan cara melawan setiap pikiran negatif dengan dua pikiran positif. Ini tidak hanya memungkinkan menghapus pikiran negatif, tetapi juga memungkinkan untuk memunculkan atau mengembalikan pikiran positif.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur tips sehat Depresi kesehatan mental
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top