Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciri-ciri Usus Anda Tidak Sehat, Salah Satunya Mood Sering Buruk

Tanda-tanda usus tidak sehat yang bisa dilihat dari kondisi fisik Anda
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  10:38 WIB
Ciri-ciri Usus Anda Tidak Sehat, Salah Satunya Mood Sering Buruk
Saluran cerna - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Banyak ahli medis menyebut usus sebagai otak kedua dan itu karena peran penting yang dimainkan usus dalam kesehatan kita secara keseluruhan dan bagaimana usus berkomunikasi dengan otak.

Dikutip dari Eat This Not That, hubungan usus-otak sangat kuat sehingga telah terbukti mempengaruhi suasana hati, kognisi, dan bahkan tidur. Usus juga merupakan rumah bagi sejumlah besar mikroorganisme, yang secara kolektif dikenal sebagai mikrobioma usus.

Usus dan Otak Terhubung

Usus mengandung jaringan besar neuron yang berkomunikasi dengan otak. Mikrobioma ini memainkan peran penting dalam pencernaan, fungsi kekebalan, dan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma usus dapat mempengaruhi tingkat peradangan.

Ada beberapa cara usus dan otak terhubung. Pertama, otak dan jantung dihubungkan oleh saraf vagus, yang berjalan dari batang otak ke perut. Saraf ini bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal antara otak dan usus. Kedua, jantung dan otak dihubungkan oleh sistem saraf enterik (ENS), jaringan neuron yang melapisi saluran pencernaan. ENS bertanggung jawab untuk mengontrol fungsi pencernaan.

Akhirnya, usus dan otak dihubungkan oleh mikrobioma, komunitas mikroba yang hidup di saluran pencernaan. Mikrobioma memiliki dampak signifikan pada kesehatan usus dan telah memengaruhi suasana hati dan perilaku.

Gangguan Usus

Usus Anda adalah rumah bagi triliunan mikroba yang penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Bakteri bermanfaat ini membantu mencerna makanan, memproduksi vitamin, dan melindungi dari patogen berbahaya. Ketika keseimbangan bakteri di usus Anda terganggu, itu dapat menyebabkan suatu kondisi dikenal sebagai dysbiosis, terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk alergi, penyakit autoimun, dan bahkan depresi.

Tanda-tanda usus tidak sehat yang bisa dilihat dari kondisi fisik Anda

1. Kamu Selalu Lelah

Usus yang tidak sehat dapat menyebabkan kelelahan dan tingkat energi yang rendah. Kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya kesehatan usus dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Usus yang tidak sehat dapat menyebabkan kelelahan dalam beberapa cara.

Pertama, usus bertanggung jawab untuk memecah makanan dan mengekstrak nutrisi. Ketika usus tidak bekerja dengan baik, tubuh tidak mendapatkan nutrisi untuk berfungsi. Kedua, usus adalah rumah bagi triliunan bakteri yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kita. Ketidakseimbangan bakteri usus telah dikaitkan dengan kelelahan dan masalah kesehatan lainnya.

2. Anda Memiliki Masalah Pencernaan

Tanda-tanda usus yang tidak sehat adalah mulas, gangguan pencernaan, dan mual. Namun, kembung, sembelit, dan diare juga sering menjadi indikasi masalah pencernaan. Gejala ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kepekaan terhadap makanan, infeksi virus, dan gangguan saluran cerna. Dalam beberapa kasus, gejala tersebut juga bisa menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti penyakit celiac atau penyakit Crohn.

3. Kamu Selalu Sakit

Usus Anda adalah rumah bagi triliunan bakteri, termasuk bakteri baik dan jahat. Komunitas mikroorganisme ini dikenal sebagai mikrobiota usus, dan memainkan peran penting dalam menjaga Anda tetap sehat. Misalnya, bakteri usus yang baik. membantu memecah makanan, menyerap nutrisi, dan melawan patogen berbahaya.

Ketika keseimbangan bakteri baik dan jahat terganggu, itu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sistem kekebalan yang melemah. Usus yang tidak sehat juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit seperti pilek dan flu. Penelitian telah menunjukkan bahwa mikrobiota usus memainkan peran penting dalam kekebalan.

4.  Anda Memiliki Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres atau ketidakseimbangan hormon, tetapi juga bisa menjadi tanda kesehatan usus yang buruk. Ketika usus sehat, ia menghasilkan berbagai neurotransmiter yang membantu menjaga suasana hati tetap stabil. usus tidak sehat, dapat menjadi meradang,mMenghasilkan lebih sedikit neurotransmiter.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan depresi, dan gangguan mood lainnya. Selain itu, usus yang tidak sehat juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang selanjutnya dapat berkontribusi pada perubahan suasana hati.

Menjaga Usus Tetap Sehat

Penting untuk menjaga usus tetap sehat, Langkah pertama adalah makan makanan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran segar. Anda juga harus menghindari makanan olahan dan antibiotik bila memungkinkan. Selain itu, olahraga teratur dan aktivitas menghilangkan stres dapat membantu mempromosikan lingkungan usus yang sehat.

Usus yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, jadi penting untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk menjaga usus Anda tetap sehat. Makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan usus Anda, silakan berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat Gejala Penyakit pencernaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top