Kenali gejala asam urat, cara mencegah dan mengobatinya
Health

Gejala Asam Urat dan 8 Obat Alaminya

Novita Sari Simamora
Selasa, 7 Juni 2022 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala asam urat di kaki adalah munculnya pembengkakan dan nyeri pada persendian kaki, terutama jempol kaki. Bila dibiarkan, maka ini bisa menimbulkan perasaan terbakar.

Saat sakit asam urat muncul maka kaki Anda tiba-tiba seperti terbakar. Gejala asam urat yang serius juga bisa menimbulkan pembekakan.

Gejala penyakit asam urat

Beberapa orang memiliki terlalu banyak asam urat dalam darah mereka, tetapi tidak menunjukkan gejala. Ini disebut hiperurisemia asimtomatik.

Gejala asam urat akut datang dengan cepat dari penumpukan kristal asam urat di sendi. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama 3 sampai 10 hari.

Anda akan mengalami rasa sakit dan pembengkakan yang hebat, dan persendian Anda mungkin terasa hangat. Di antara serangan asam urat, Anda tidak akan memiliki gejala apa pun.

Jika Anda tidak mengobati asam urat, itu bisa menjadi penyakit kronis. Benjolan keras yang disebut tophi akhirnya dapat berkembang di persendian Anda dan kulit serta jaringan lunak di sekitarnya. Ini bisa sendi Anda secara permanen.

Cara mencegah asam urat menjadi kronis

Dokter dapat mendiagnosis asam urat berdasarkan tinjauan riwayat kesehatan Anda, pemeriksaan fisik, dan gejala Anda. Dokter Anda kemungkinan akan mendasarkan diagnosis Anda pada:

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh dokter adalah:

Seberapa sering Anda mengalami rasa sakit yang hebat di persendian Anda? seberapa merah atau bengkak area tersebut?

Dokter Anda mungkin juga memesan tes untuk memeriksa penumpukan asam urat di sendi Anda. Sampel cairan yang diambil dari sendi Anda dapat menunjukkan apakah itu mengandung asam urat. Mereka mungkin juga ingin melakukan rontgen sendi Anda.

Jika Anda memiliki gejala asam urat, Anda dapat memulai dengan mengunjungi dokter perawatan primer Anda. Jika asam urat Anda parah, Anda mungkin perlu menemui spesialis penyakit sendi.

Obat asam urat di rumah

Beberapa pengobatan rumahan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat. Makanan dan minuman berikut telah disarankan untuk asam urat:

1. Ceri asam

2. Magnesium

3. Jahe

4. Cuka sari apel encer

5. Seledri

6. Teh jelatang

7. Tanaman liar berbunga kuning cerah

8. Biji milk thistle

Namun, Anda harus menjaga gaya hidup untuk mengelola asam urat. Sebaiknya, Anda memperhatikan gejala awal yang muncul dan jangan mengabaikannya. Kurangan mengonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging babi, jeroan, alkohol, dan soda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro