Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-tanda Orang Jenius, Anda Termasuk?

Perdebatan tentang skor IQ adalah topik yang tidak pernah berakhir, jadi kita harus tahu bahwa skor IQ dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  13:05 WIB
Tanda-tanda Orang Jenius, Anda Termasuk?
Otak - cbsnews.com,au

Bisnis.com, JAKARTA - IQ adalah singkatan dari intelligence quotient dan merupakan alat penting untuk mengukur kemampuan kognitif seorang anak.

Tidak ada yang namanya 'skor IQ normal', namun, skor IQ berkisar dengan nama kategori yang berbeda seperti 'rata-rata', 'jenius', dan seterusnya.

Jika seseorang mendapat skor di atas 160, itu dianggap sebagai skor IQ jenius.

Bentuk lengkap dari IQ adalah kecerdasan intelektual. Berbagai keterampilan dinilai pada tes kecerdasan, seperti pemahaman verbal, memori kerja, kecepatan pemrosesan, dan penalaran perseptual.

IQ adalah jumlah dari semua skor individu ini. Penilaian verbal dan kinerja secara rutin digunakan untuk menghitung skor IQ seseorang. Karena orang cenderung lebih baik dalam satu bidang daripada yang lain, jumlah skor ini dapat digunakan untuk menentukan tingkat kecerdasan seseorang secara lebih akurat.

Psikolog di awal 1990-an mendefinisikan jenius dalam hal IQ yang dimiliki seseorang. Skor IQ jenius pertama adalah sekitar 140, tetapi selama tahun 1940-an, seorang peneliti menyarankan bahwa seseorang harus dianggap jenius jika dia mencetak skor IQ di atas 180.

Tidak ada satu cara yang tepat untuk mendefinisikan seorang jenius. Tetapi banyak peneliti dan dokter mengatakan bahwa seorang jenius adalah seseorang yang berbakat, cerdas, kreatif, dan sangat imajinatif.

Diperkirakan sekitar 2 persen populasi dunia memiliki skor IQ di bawah 69. Meskipun sulit untuk menentukan skor IQ yang akurat, beberapa tes yang dapat diandalkan dapat membantu Anda menentukan rentang IQ Anda.

Skala Kecerdasan Dewasa Wechsler dianggap sebagai salah satu tes IQ terbaik untuk usia 16 tahun ke atas. Versi terbaru dari tes WAIS membutuhkan waktu sekitar satu jam lima belas menit untuk diselesaikan dan berfokus pada dua bidang utama, yaitu verbal dan kinerja.

Perdebatan tentang skor IQ adalah topik yang tidak pernah berakhir, jadi kita harus tahu bahwa skor IQ dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor termasuk:

1. Gen

2. Budaya

3. Lingkungan

4. Kondisi kesehatan

5. Akses ke pendidikan

6. Kesehatan & nutrisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

top skor Jenius
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top