Grup musik Qasidah Nasida Ria di Jerman/instagram
Entertainment

Mengenal Nasida Ria, Grup Qasidah yang Tampil di Jerman

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 Juni 2022 - 10:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama grup musik qasidah Nasida Ria hangat dibahas di media sosial setelah penampilannya di Jerman.

Grup musik legendaris asal Kota Semarang ini pada 18 Juni 2022 tampil membawakan lagu-lagu qasidah andalannya di panggung dunia dalam ajang Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman.

Ini bukan kali pertama mereka tampil di luar negeri. Pada tahun 1998, Nasida Ria mengadakan konser di Malaysia untuk merayakan Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharram. Mereka pernah diundang ke Berlin, Jerman untuk bermain di Die Garten des Islam (Pameran Budaya Islam) oleh Haus der Kulturen der Welt.

Mereka juga  pernah tampil di Festival Heimatklange, dengan acara di Berlin, Mülheim, dan Düsseldorf Jerman.

Nasida Ria adalah sebuah band kasidah modern Indonesia yang terdiri dari 9 wanita dari Semarang, Jawa Tengah yang dibentuk tahun 1975.

Nasida Ria kini memiliki 12 personil yaitu Hj. Rien Djamain, Hj. Afuwah, Hj. Hamidah, Hj. Nadhiroh, Hj. Nurhayati, Hj. Nurjanah, Hj. Thowiyah, Sofiyatun, Uswatun Khasanah, Titik Mukaromah, Nazla Zain & Alfiatul Khoiriyah. Selain itu Nasida Ria juga memiliki grup untuk juniornya yang bernama Qasidah ezzurA.

Album debut Nasida Ria, Alabaladil Makabul, dibuat tiga tahun kemudian dan dipasarkan oleh Ira Puspita Records. Lagu mereka berdasarkan dakwah dan menarik ilham dari musik Arab. Tiga album mereka berikutnya menggunakan tema yang sama dan banyak berbahas Arab.

Beberapa lagu mereka seperti "Pengantin Baru", "Tahun 2000", "Jilbab Putih", "Anakku", dan "Kota Santri", banyak diputar di radio, dan mereka mulai muncul di telivisi nasional dan melakukan tur di seluruh Indonesia.

Nasida Ria telah menang beberapa penghargaan, termasuk dari PWI pada tahun 1989. Lagu mereka "Perdamaian", pernah dicover oleh band Gigi pada album mereka: Raihlah Kemenangan. "Kota Santri" pernah dicover oleh Krisdayanti dan Anang Hermansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro