Ikan Channa/fishlaboratoryaquatics
Travel

Fakta-fakta Ikan Channa, Salah Satu Predator Air Tawar

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Juli 2022 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemarin, ikan channa menjadi ramai diperbincangkan orang.

Banyak yang kurang paham seperti apa sebenarnya ikan channa ini.

Sebenarnya, Channa adalah sebuah genus ikan predator dalam keluarga Channidae atau ikan gabus-gabusan yang berasal dari habitat air tawar di Asia. Genus tersebut terdiri dari sekitar 50 spesies terdeskripsi secara ilmiah.

Dikutip dari laman KKP, ikan channa memiliki tubuh snakeheads berbentuk torpedo yang mengecil ke arah ekor. Mereka memiliki sirip punggung tunggal yang panjang, sirip anal yang panjang, dan bentuk kepala yang kecil dengan mulut yang besar.

Northern snakeheads adalah ikan silinder yang dapat tumbuh hingga panjang 85 cm. Seperti namanya, kepala ikan tampak seperti ular, mereka memiliki mulut besar dengan gigi yang tajam.

Ikan yang sudah ada di Indonesia ini, berasal dari Asia, Kamboja, Kanada, Republik Ceko, Jepang, Hong Kong, Kazakhstan, Nigeria, Slovakia, Thailand, Turkmenistan, Amerika Serikat (AS), Uzbekistan, Vietnam, Korea.

Mereka memiliki sirip punggung tunggal yang panjang, sirip anal yang panjang, dan bentuk kepala yang kecil dengan mulut yang besar. Ikan ini lebih suka mendiami kolam dangkal stagnan atau rawa dengan substrat lumpur dan vegetasi, mereka juga dapat ditemukan di sungai berlumpur dan di kanal, waduk, danau, juga sungai

Ikan ini merupakan predator yang memiliki toleransi tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan. Penyebaran yang tidak terkendali menyebabkan kemungkinan untuk memperluas jangkauan penyebaran yang permanen dan dapat mengubah keseimbangan ekosistem perairan. Spesies ini adalah jenis ikan rakus yang memakan berbagai organisme perairan.

Mampu bertahan dalam air dengan kandungan oksigen sangat rendah sehingga mampu memberi keunggulan kompetitif atas spesies lain seperti pike and bass yang membutuhkan lebih banyak oksigen. Northern snakeheads juga berasosiasi dengan berbagai jenis parasit yang bisa mempengaruhi spesies asli di berbagai belahan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro