Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Cek Kesehatan Mental Anda

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memelihara kesehatan mental.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  14:11 WIB
Begini Cara Cek Kesehatan Mental Anda
Kesehatan mental - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kesehatan mental adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial.

Kualitas kesehatan mental seseorang sering diukur dengan seberapa adaptif mereka dalam mengatasi rasa stres sehari-hari.

Kesehatan mental memungkinkan orang untuk menggunakan kemampuan mereka, menjadi produktif, membuat keputusan, dan memainkan peran aktif dalam lingkungannya.

Memiliki kesehatan mental yang buruk sering disamakan dengan memiliki penyakit mental. Tetapi kesehatan mental sebenarnya mengacu pada kesejahteraan mental seseorang apakah mereka memiliki kondisi kejiwaan atau tidak.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memelihara kesehatan mental, dilansir dari Very Well Mind:

1. Latihan Fisik

Latihan fisik dapat mengurangi stres dan bahkan memperbaiki gejala gangguan kecemasan dan depresi. Ini mengurangi tingkat hormon stres tubuh dan meningkatkan kadar endorfin yang berpengaruh pada suasana hati dan perasaan sejahtera. Latihan tidak perlu berat, cobalah berjalan kaki selama 20 menit dan Anda mungkin akan menyadari efeknya pada menjernihkan dan menenangkan pikiran Anda.

2. Tidur yang Cukup

Tidak cukup tidur dapat memperburuk kesehatan mental dan menyebabkan tekanan mental. Direkomendasikan untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam tidur per malam. Cobalah untuk mematuhi jadwal tidur yang konsisten (tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari), batasi gangguan seperti menggunakan ponsel sebelum tidur, dan pastikan Anda berolahraga di siang hari.

3. Membantu Orang Lain

Satu studi menemukan bahwa perilaku membantu dan jenis interaksi sosial lainnya dikaitkan dengan pengurangan stres dan bahkan rentang hidup yang lebih lama Cobalah menjadi sukarelawan atau bahkan membantu orang-orang dalam kehidupan sehari-hari Anda.

4. Berhubungan dengan Orang Lain

Interaksi sosial dapat mengurangi tingkat stres kita, memperbaiki gejala depresi, dan bahkan bermanfaat bagi kesehatan fisik kita. Penelitian telah menemukan bahwa hubungan sosial memiliki dampak positif pada kategori kesehatan seperti kanker, manajemen berat badan, diabetes, dan penyakit kardiovaskular

5. Berpikir Positif

Ada banyak manfaat kesehatan untuk menggunakan optimisme dan berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari Anda. Satu studi menemukan bahwa peserta dengan gangguan kecemasan yang berlatih berpikir positif mengalami lebih sedikit kekhawatiran dibandingkan peserta yang berpikir hal negatif.

Mengelola Masalah Kesehatan Mental

Cek kesehatan mental Anda dengan datang langsung kepada dokter. Perlu bekerja sama dengan dokter yang dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan pasien dan memberikan perawatan yang sesuai. Ada berbagai metode untuk mengelola masalah kesehatan mental. Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan untuk orang dengan kesehatan mental dilansir dari Medical News Today:

1. Psikoterapi atau Terapi Bicara

Jenis perawatan ini mengambil pendekatan psikologis untuk mengobati penyakit mental. Contohnya adalah terapi perilaku kognitif (CBT), terapi paparan, dan terapi perilaku dialektis. Psikiater, psikolog, psikoterapis, dan beberapa dokter perawatan primer melakukan perawatan ini. Dapat membantu orang memahami akar penyakit mental mereka dan mulai bekerja dengan pola pikir yang lebih sehat.

2. Pengobatan

Beberapa orang menggunakan obat yang diresepkan, seperti antidepresan, antipsikotik, dan obat ansiolitik. Meskipun ini tidak dapat menyembuhkan gangguan mental, beberapa obat dapat memperbaiki gejala dan membantu seseorang melanjutkan rutinitas seperti biasa. Beberapa obat meningkatkan penyerapan bahan kimia yang membuat tubuh merasa baik, seperti serotonin dari otak.

3. Menolong Diri

Seseorang yang mengatasi kesulitan kesehatan mental perlu mengubah gaya hidup mereka. Perubahan tersebut dapat mencakup pengurangan asupan alkohol, tidur lebih banyak, dan makan makanan bergizi seimbang. Perlu juga mengambil cuti dari pekerjaan untuk menyelesaikan masalah pribadi yang menyebabkan kerusakan pada kesehatan mentalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan mental tips sehat kesehatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top