Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah 9 Agustus, Richard Nixon Mundur dari Kursi Presiden AS

Dalam pidato televisi malam pada tanggal 8 Agustus 1974, Presiden Richard M. Nixon mengumumkan niatnya untuk menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika yang
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  06:01 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 9 Agustus 1974, Richard Nixon menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang mundur dari jabatannya. Wapres Gerald Ford menggantikan Nixon.

Dalam pidato televisi malam pada tanggal 8 Agustus 1974, Presiden Richard M. Nixon mengumumkan niatnya untuk menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika yang mengundurkan diri.

Dengan proses pemakzulan yang sedang berlangsung terhadapnya karena keterlibatannya dalam urusan Watergate, Nixon akhirnya tunduk pada tekanan dari publik dan Kongres untuk meninggalkan Gedung Putih.

“Dengan mengambil tindakan ini,” katanya dalam pidato serius dari Oval Office, “Saya berharap bahwa saya akan mempercepat dimulainya proses penyembuhan yang sangat dibutuhkan di Amerika.”

Tepat sebelum tengah hari keesokan harinya, Nixon secara resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden ke-37 Amerika Serikat. Sebelum berangkat bersama keluarganya dengan helikopter dari halaman Gedung Putih, dia tersenyum perpisahan dan dengan penuh teka-teki mengangkat tangannya sebagai tanda kemenangan atau salam damai.

Pintu helikopter kemudian ditutup, dan keluarga Nixon memulai perjalanan pulang ke San Clemente, California. Beberapa menit kemudian, Wakil Presiden Gerald R. Ford dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-38 di Ruang Timur Gedung Putih.

Mundurnya Nixon karena terseret kasus Watergate, dimana pada 30 Juli, di bawah paksaan Mahkamah Agung, Nixon akhirnya merilis kaset Watergate. Pada tanggal 5 Agustus, transkrip rekaman dirilis, termasuk segmen di mana presiden terdengar menginstruksikan Haldeman untuk memerintahkan FBI untuk menghentikan penyelidikan Watergate. Tiga hari kemudian, Nixon mengumumkan pengunduran dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

presiden as sejarah Sejarah Hari Ini
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top