Dua ekor Komodo (Varanus Komodoensis) penghuni pulau Komodo sedang berjalan di pinggir salah satu restoran di pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT Selasa (20/1/2020). Jumlah populasi Komodo di pulau tersebut kini mencapai 1.739 ekor. /ANTARA
Travel

Murah! Ini Harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Alifian Asmaaysi
Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wacana kenaikan tarif masuk ke Balai Konservasi Nasional Taman Komodo menjadi Rp3,75 juta sempat menyita perhatian publik. Pasalnya, hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak pengelola Pulau Komodo dan Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni PT Flobamor, namun benarkah demikian?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno telah mengonfirmasi hal tersebut pada Senin (11/8/2022) dan mengatakan bahwa kenaikkan tarif kawasan Taman Nasional Komodo dimaksudkan untuk membasahi biaya konservasi jasa ekosistem.

Adapun jasa ekosistem yang dimaksud merupakan sumber daya alam yang menunjang keberlangsungan kehidupan makhluk hidup, seperti air, oksigen, sumber makanan, dan mencakup pengelolaan limbah yang dihasilkan oleh wisatawan.

Untuk diketahui, harga tiket masuk naik menjadi Rp3,75 juta dari harga sebelumnya yang hanya dipatok mulai dari Rp.5.000 untuk Warga Negara Indonesia (WNI). 

Namun rencana tersebut dikabarkan ditunda melalui pernyataan yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur telah resmi menunda wacana kenaikan tarif hingga awal tahun depan, tepatnya pada 1 Januari 2023. 

Menyikapi pernyataan tersebut, pantauan tim Bisnis melalui akun instagram resmi Balai Taman Nasional Komodo, Kementerian LHK, @btn_komodo, belum terdapat adanya informasi terkait harga kenaikkan tarif.

Dalam unggahan sorotan yang dibagikan, harga tiket pulau komodo masih dibanderol mulai dari Rp5.000, dengan rincian sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Warga Negara ASing (WNA):

Senin – Sabtu: Rp. 150.000 /orang

Minggu dan Hari Libur Nasional: Rp. 225.000 /orang


Warga Negara Asing(WNI):

Senin – Sabtu: Rp. 5.000 /orang

Minggu dan Hari Libur Nasional: Rp. 7.500 /orang


Tarif Trekking di Pulau Komodo

Jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas trekking di dalam kawasan TN Komodo, tarif yang dipatok yakni sebesar Rp. 5.000 /orangnya. Pembelian tiket trekking harus dibeli satu paket dengan tiket “Wildlife Viewing”.

Tarif Wildlife Viewing

Pengamatan kehidupan liar atau Wildlife Viewing di 3 lokasi yakni Loh Liang – Pulau Komodo, Loh Buaya – Pulau Rinca, dan Padar Selatan – Pulau Padar dipatok harga sebesar Rp. 10.000 /orang.

Tarif Wisata Bahari di TN Komodo

Snorkeling: Rp. 15.000 /orang

Diving: Rp. 25.000 /orang

Sport Fishing: Rp. 25.000 /orang/hari.

Fotografi

Tak gratis, aktivitas fotografi mengambil gambar objek dan daya tarik wisata di dalam kawasan Taman Nasional Komodo dikenai tarif sebesar Rp. 250.000/orang/hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro