Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak, Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Artinya

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal menjadi bentuk kasih sayang seorang anak kepada orang tua yang sudah tiada. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  11:39 WIB
Simak, Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Artinya
Ini Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Artinya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu ibadah yang tak akan terputus yaitu doa anak sholeh. Dari pada terus berlarut dalam kesedihan ketika ditinggalkan oleh orang tua, lebih baik untuk mengirim doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Jika dilakukan setiap hari, selain jadi kebaikan untuk anak juga bisa menjadi kebaikan bagi orang tua. Mendoakan kedua orang tua dapat menjadi sebuah ketenangan dan kedamaian bagi orang tua di alam sana. Anak wajib untuk mendoakan orang tuanya ketika orang tua sudah meninggal.

Lantas, apa doa yang tepat untuk orang tua yang sudah tiada? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Latin dan Terjemahannya

Berikut ini merupakan doa untuk orang tua meninggal dunia yang bisa dibacakan setiap hari.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

"Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā".

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil".

Setelah membaca doa orang tua yang sudah meninggal seperti di atas Anda dapat melanjutkan dengan doa di bawah ini.

"Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi aa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa  wassi' madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar".

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan siksa api neraka".

Selain mengirimkan doa untuk orang tua meninggal, seorang anak juga bisa melakukan beberapa hal dibawah ini sebagai wujud baktinya kepada orang tua yang sudah tiada.

  • Memenuhi janji yang belum terlaksana oleh orang tua semasa hidupnya dulu. Sebagai contoh melaksanakan wasiat dari orang tua, serta membayarkan hutang yang dimiliki oleh orang tua dan lain sebagainya. 
  • Mendoakan kedua orang tua selepas melaksanakan salat lima waktu ataupun melaksanakan shalat sunnah. 
  • Menyelenggarakan proses untuk pengurusan jenazah dimulai dari proses memandikan jenazah, mengkafani jenazah, menyolatkan dan hingga proses penguburan jenazah. 
  • Anak juga wajib memintakan ampunan kepada Sang Pencipta setelah melaksanakan shalat lima waktu.

Mendoakan kedua orang tua selain dapat melepaskan rasa rindu juga menjadi salah satu bentuk bakti dari anak kepada orang tua dan menjadi amal jariyah bagi orang tua. Mendoakan kedua orang tua tidak tidak hanya taat berziarah ke makan saja tetapi juga bisa dilakukan setiap hari.

Setelah kepergian kedua orang tua atau salah satunya tentu bukan hanya anak saja yang merasakan duka mendalam tetapi ada kerabat serta saudara yang juga merasa kehilangan. Oleh karena itu anak harus saling menjaga tali silaturahmi sebagai bentuk bakti kepada orang tua yang telah tiada.

Itulah beberapa doa untuk orang tua yang sudah meninggal yang bisa dibacakan setiap hari untuk orang tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa orang tua meninggal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top