Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 7 Urutan Presiden Indonesia yang Pernah Menjabat

Hingga kini, urutan presiden Indonesia sudah ada tujuh orang yang menjabat. Berikut penjelasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 04 September 2022  |  17:36 WIB
Simak 7 Urutan Presiden Indonesia yang Pernah Menjabat
7 Urutan Presiden Indonesia yang Pernah Menjabat (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Urutan presiden Indonesia dari awal kemerdekaan hingga saat ini sudah ada tujuh. Di Indonesia, presiden berfungsi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Masa jabatan presiden di Indonesia juga dibatasi maksimal hanya dua periode, dengan satu periode berlangsung selama lima tahun. Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat Indonesia setiap lima tahun sekali.

Nama Nama Presiden Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia sudah dipimpin tujuh presiden. Dikutip dari situs kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, urutan presiden Indonesia, seperti berikut.

  • Soekarno

Ir. Soekarno merupakan presiden pertama di Indonesia. Ir. Soekarno atau yang akrab dipanggil Bung Karno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Beliau menjabat dari tahun 1945 – 1967.

Selain menjadi presiden, Ir. Soekarno juga merupakan salah satu pahlawan bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, Ir. Soekarno juga pencetus gerakan non blok.

Menjelang lengser, terjadi pemberontakan G30-S/PKI. Kejadian tersebut membuat terjadi krisis politik dalam negeri dan menyebabkan pertanggungjawabannya sebagai presiden ditolak MPR.

Selepas lengser, kondisi kesehatan Ir. Soekarno semakin menurun. Bung Karno meninggal di tanggal 21 Juni 1970, Bung Karno meninggal. Sebagai bentuk penghormatan atas jasanya, Ir. Soekarno dijadikan sebagai Pahlawan Proklamasi.

  • Soeharto

Setelah masa kepemimpinan presiden Soekarno berakhir, kepemimpinan Indonesia dilanjutkan oleh presiden Soeharto. Presiden Soeharto atau yang dikenal dengan sebutan Pak Harto ini lahir di Kemusuk, Yogyakarta pada 8 Juni 1921.

Sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia, beliau merupakan jenderal besar dengan karir mentereng di bidang militer dan politik. Bersama dengan pasukannya, Beliau berhasil merebut Yogyakarta yang pada saat itu ibu kota negara, dari tangan Belanda.

Selain itu, beliau juga menjadi pernah menjalani tugas sebagai pengawal Panglima Besar Jenderal  serta pernah menduduki posisi sebagai Panglima Mandala saat masa pembebasan Irian Barat.

Presiden Soeharto menjadi satu-satunya presiden yang memimpin sangat lama. Beliau menjabat dari tahun 1966 sampai 1998. Hingga akhirnya, presiden Soeharto mengundurkan diri dari posisinya pada tanggal 21 Mei 1998.

  • Bacharuddin Jusuf Habibie

Sebelum menjabat sebagai presiden, B.J. Habibie merupakan wakil presiden Soeharto. Pak Habibie termasuk presiden yang menjabat sangat singkat. Beliau diangkat sebagai presiden pada tahun 1998 dan lengser pada tahun 1999.

Selain pernah menjadi presiden dan wakil presiden, B.J. Habibie juga pernah menjadi menteri dan pemimpin perusahaan negara. Presiden ketiga Indonesia ini sangatlah istimewa. Pasalnya beliau merupakan orang yang sangat cerdas. Bahkan disebut-sebut sebagai orang yang paling pintar di Indonesia.

  • Abdurrahman Wahid

Urutan presiden Indonesia yang keempat yaitu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tak berbeda jauh dengan B.J. Habibie, masa jabatan Gus Dur juga relatif singkat. Beliau mulai menjadi presiden pada tahun 1999 dan lengser di tahun 2001.

Selama menjadi presiden, beliau berhasil memberikan hak yang adil untuk kaum minoritas di Indonesia. Bahkan, Gus Dur mendapat julukan bapak pluralisme Indonesia.  

  • Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri merupakan putri sulung presiden Soekarno. Megawati menjadi presiden perempuan pertama di Indonesia.

Sebelum naik menjadi pemimpin negara, Megawati pernah menjadi anggota DPR/MPR dan menjadi Ketua DPC PDI Jakarta Pusat.

Megawati Soekarnoputri naik menjadi presiden setelah menggantikan presiden Gus Dur pada 23 Juni 2001. Setelah masa jabatannya selesai, beliau mencalonkan diri sebagai presiden. Namun, Megawati kalah pemilu dari Susilo Bambang Yudhoyono.

  • Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Indonesia selanjutnya yaitu Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Beliau menjadi presiden selama dua periode atau 10 tahun, mulai dari tahun 2004 hingga 2014.

Sebelum terjun ke bidang politik, SBY pernah mendapatkan gelar jenderal bintang empat. Setelah pensiun dari dunia militer, SBY diberi kepercayaan untuk menjadi menteri pada masa presiden Gus Dur dan pada masa pemerintahan Megawati.

  • Joko Widodo

Urutan Presiden Indonesia yang ketujuh yaitu Joko Widodo. Presiden Jokowi mulai menjabat dari tahun 2014 hingga saat ini.

Presiden Jokowi lahir 21 Juni 1961 dan merupakan lulusan dari Fakultas Kehutanan UGM. Setelah lulus, beliau pernah menjadi karyawan di perusahaan BUMN di Provinsi Aceh dan meniti karir sebagai pengusaha mebel.

Karir politiknya dimulai saat menjadi Walikota Solo kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kemudian, beliau mencalonkan diri sebagai presiden dan terpilih lewat pemilihan umum.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

presiden indonesia soekarno soeharto sby habibie megawati gus dur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top