Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Mencuci Beras Bisa Menghilangkan Nutrisinya, Begini Jawabannya

mencuci beras disebutkan bisa menghilangkan nutrisinya, apakah benar?
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  14:05 WIB
Apakah Mencuci Beras Bisa Menghilangkan Nutrisinya, Begini Jawabannya
Mencuci beras - taste cooking
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum menanam nasi, biasanya beras akan dicuci terlebih dahulu. Tujuannya agar kotoran yang menempel pada bulir beras hilang. Karena tidak pernah ada yang tahu apa saja yang sudah menempel pada bulir beras selama masa penyimpangan di gudang.

Namun, konon katanya mencuci beras bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi bisa hilang terbuang dengan air beras. 

Mengutip laman medikoe, mencuci beras tidak akan mempengaruhi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jadi, mencuci beras tetap harus dilakukan tanpa takut kehilangan nutrisi di dalamnya.

Mengapa beras harus dicuci?

Karena, beras bisa saja mengandung bahan kimia dan pestisida pada saat masih di ladang. Hal ini dilakukan oleh petani untuk mengusir hama seperti tikus dan serangga. 

Selain itu, petani juga akan menyiram insektisida juga untuk mencegah kerusakan pada tanaman yang disebabkan oleh jamur ataupun serangga.

Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan apakah setelah pemisahan gabah dengan beras masih ada sisa insektisida yang menempel atau tidak. Namun, mencuci beras adalah tindakan pencegahan penyakit.

Selain itu, mencuci beras juga membantu mencegah lengket dan membantu menghilangkan zat yang tidak diharapkan seperti bedak, bubuk glukosa ataupun soda kue yang ditambahkan pada saat pemomresan.

Cara mencuci beras yang benar

Beberapa tutorial makanan di berbagai platform media sosial ada yang mengungkapkan mencuci beras haruslah hingga airnya berwarna bening, dan putihnya sudah hilang. 

Medikoe menyebut cara ini benar. Cara mencuci beras yang benar adalah dengan membilas dan mengaduk beras berulang kali hingga air yang tersisa berubah menjadi jernih dari asalnya berwarna putih susu.

Namun, untuk menghindari kerusakan bulir beras, jangan mengaduk terlalu keras. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beras nutrisi nutrisia malnutrisi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top