Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Berapa Gaji Dokter di Indonesia? Ini Daftar Lengkapnya

Gaji dokter selalu menjadi perhatian banyak orang. Lantas, berapakah gaji seorang dokter? Ini ulasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 27 Oktober 2022  |  09:59 WIB
Berapa Gaji Dokter di Indonesia? Ini Daftar Lengkapnya
Catat, Ini Gaji Dokter di Indonesia (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gaji dokter seringkali menjadi perbincangan banyak orang karena profesi dokter merupakan salah satu profesi idaman yang diinginkan. Bahkan hampir seluruh orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang dokter. 

Tugas dokter dalam dunia kesehatan sangatlah penting. Menjadi seorang dokter tentu salah satu perwujudan jiwa sosial serta pengabdian.

Seorang dokter juga tidak mengenal pensiun. Oleh karena itu, banyak sekali dokter yang sudah memiliki usia lanjut tetapi masih aktif untuk menangani pasiennya. 

Tetapi jika anda ingin menjadi seorang dokter bukanlah hal yang mudah karena biaya yang dibutuhkan juga tidaklah sedikit. Bahkan, untuk sekolah kedokteran saja Anda harus mengeluarkan uang sampai ratusan hingga miliaran rupiah.

Lalu berapa sih gaji dokter sebenarnya hingga membuat profesi ini banyak diidam-idamkan? Berikut besaran gaji dokter Indonesia yang banyak dicari.

Gaji Dokter di Indonesia

1. Gaji Dokter Umum

Gaji dokter ternyata bervariasi tergantung dari jenis profesi yang ditekuninya. Lalu berapa gaji dokter umum? Gaji dokter umum dan PNS golongan 3a atau bekerja di bawah 5 sampai 10 tahun sendiri, memiliki gaji sekitar 2,4 juta sampai dengan 2,7 juta. 

Gaji tersebut merupakan gaji pokok. Selain itu, dokter juga akan mendapatkan tunjangan BPJS dengan rata-rata 500 ribu sampai dengan 1 juta. Oleh karena itu, seorang dokter umum yang menjadi PNS bisa mendapatkan gaji akhir sekitar 2,9 juta sampai dengan 3,2 juta atau bisa juga sekitar 3,4 juta sampai dengan 3,7 juta. 

Berdasarkan survei dari JDN Indonesia, hanya sebanyak 10,603% saja dokter umum yang mendapatkan gaji hingga 10,5 juta, 8,89% dari dokter umum berpenghasilan masih dibawah 1.5 juta, dan sebanyak 26,24% penghasilannya juga masih dibawah 3 juta. Perolehan penghasilan yang lebih dari 10 juta ada di angka 24,78%. 

Pada beberapa daerah, dokter umum mendapatkan gaji kurang dari 3 juta untuk tiap bulannya. Biasanya dokter yang mendapatkan gaji dengan nominal kurang dari 3 juta, bekerja di Puskesmas atau dokter pengganti di suatu Puskesmas.

2. Gaji Dokter Spesialis

Pendapatan yang akan diperoleh oleh dokter spesialis tergantung dari upah minimum dan perjanjian kerja di suatu daerah baik provinsi maupun Kabupaten. Nominal gaji yang didapatkan oleh dokter spesialis akan lebih tinggi daripada dokter umum yaitu bisa mencapai 23 juta sampai 25 juta. 

Gaji tersebut masih belum termasuk dengan insentif tambahan dari pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter. Bahkan, jika di total gaji yang didapatkan oleh dokter spesialis bisa mencapai 80 juta untuk tiap bulannya.

3. Gaji Dokter Bedah

Selain dokter spesialis, ada juga dokter yang gaji yang lebih tinggi. Dokter tersebut yaitu dokter bedah yang merupakan dokter spesialis dengan fokus pada penanganan bedah. Bisa dibilang juga bahwa dokter bedah merupakan dokter yang spesialis untuk mengobati permasalahan medis dengan metode bedah. 

Gaji yang diterima mulai dari 20 juta sampai 45 juta untuk 1 bulannya. Semakin berpengalaman dokter tersebut maka gaji yang diterima juga akan semakin tinggi.

4. Gaji Dokter Gigi

Dokter gigi merupakan dokter spesialis yang hanya menangani tentang masalah gigi. Gaji untuk dokter gigi sendiri lebih sedikit jika dibandingkan dengan gaji dokter umum. Gaji dokter spesialis gigi mencapai 12 juta sampai 30 juta untuk tiap bulannya dan sudah termasuk dengan tunjangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaji dokter pns Dokter Spesialis kesehatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top