Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Membuka Cakra Sakral yang Terblokir

Cakra sakral terkait dengan kreativitas, seksualitas, dan emosi. Simak cara membuka cakra sakral.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 23 November 2022  |  17:12 WIB
Cara Membuka Cakra Sakral yang Terblokir
Cara mambuka cakra dengan meditasi - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda tengah frustrasi, tidak bersemangat, suka menyendiri, hingga merasa tidak aktif akhir-akhir ini, cakra sakral Anda mungkin sedang terblokir atau tersumbat.

Sebagai informasi, cakra sakral terletak pada bawah pusar di sisi depan dan pada punggung bawah di belakang. 

Cakra sakral terkait dengan kreativitas, seksualitas, dan emosi. Jadi keinginan manusia atas suatu hubungan, kesenangan, dan sensualitas itu berasal dari cakra kedua. 

Cara untuk Mengatasi dan Membuka Cakra Sakral yang Terblokir:

1. Membuat Jurnal Harian

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menulis tentang emosi yang sedang dirasakan. Tuliskan jurnal harian tentang hal-hal yang negatif seperti rasa malu, marah, dan frustrasi yang mengganggu Anda.

Anda juga dapat membuat jurnal petunjuk untuk membantu terhubung dengan cakra sakral Anda. Beberapa contoh penulisan jurnal petunjuknya seperti:

"Saya merasa paling kreatif ketika saya..."

"Saya merasa dicintai dan berharga ketika..."

"Saya merasa malu atau kesal ketika..."

"Saya ingin melepaskan kemarahanku tentang..."

2. Mengonsumsi Jeruk dan Makanan Manis

Cara kedua untuk membuka cakra sakral adalah dengan mengonsumsi makanan berwarna oranye. Oranye merupakan warna yang terkait dengan cakra sakral.

Sementara itu, makanan manis alami diyakini dapat meningkatkan mood dan mengisi kembali energi pada tubuh.

Adapun pilihan buah atau makanan yang dapat dikonsumsi adalah jeruk keprok, jeruk, dan wortel, kurma, pir, aprikot kering, dan buah-buahan lainnya.

3.  Lakukan Kegiatan Kesenian

Jika dalam waktu belakangan ini Anda mengalami kesulitan mengekspresikan diri, melakukan beberapa kegiatan kesenian dapat membantu membangkitkan kembali sisi kreatif pada diri Anda ini.

Lakukan kegiatan kesenian seperti melukis, menggambar, mengatur dekorasi ruangan, atau bermain musik.

4. Kelilingi Diri Dengan Warna Oranye

Oranye meningkatkan dan membuka koneksi cakra sakral. Tambahkan beberapa dekorasi oranye ke ruangan Anda dan kenakan beberapa aksesori oranye untuk melengkapi pakaian Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan warna jingga. Warna ini diyakini dapat mengangkat mood dan membuat perasaan dan pikiran Anda merasa lebih terbuka. 

5. Ucapkan Pesan Positif

Membuka cakra sakral dapat dilakukan dengan membuat mantra-mantra yang berisi pesan positif. Hal ini dapat membantu membangkitkan kembali energi kreatif dan sensual Anda.

Lakukan secara rutin, ulangi dengan suara keras jika Anda sendirian, atau sugesti kan di dalam pikiran. Beberapa contoh pesan positif ini diantaranya:

"Saya adalah jiwa yang bersemangat dan kreatif."

"Saya akan bergembira bahagia."

"Saya orang yang menyenangkan dan orang-orang menginginkan saya."

6. Meditasi

Apabila sedang mengalami penyumbatan chakra sakral, meditasi dapat membantu Anda untuk memproses emosi dan menyegarkan kembali jiwa kreatif dan sensualitas.

Cara mempraktikkan mediasi pembukaan cakra sakral cukup mudah. Duduklah di tempat yang sunyi selama 15 menit. Kemudian pejamkan mata dan fokuskan pikiran pada area di bawah pusar. 

Bayangkan cahaya oranye mengalir ke perut bagian bawah dan merevitalisasi chakra sakral Anda. Gunakan bola lampu berwarna oranye atau kap lampu untuk meningkatkan latihan meditasi Anda.

7. Perbanyak Minum

Cakra sakral dikaitkan dengan unsur air. Oleh karenanya, disarankan untuk meminum lebih banyak air untuk memastikan Anda tetap terhidrasi. 

Selain itu, habiskan waktu di dekat atau bahkan di dalam air.  Anda dapat mengunjungi pantai, sungai, atau bahkan kolam renang alami di dekat tempat tinggal Anda. Jika Anda tidak ingin berenang, Anda bisa mencoba mencelupkan jari kaki ke dalam air.

8. Lakukan Yoga

Gerakan yoga di daerah pinggul/panggul merangsang dan membuka cakra. Saat Anda melakukannya, pastikan untuk menarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk rileks.

9. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi dapat menghubungkan Anda dengan energi chakra sakral Anda. Cobalah minyak esensial seperti nilam, kayu cendana, atau minyak jeruk lainnya. 

Sebarkan aroma dengan diffuser minyak jika Anda memilikinya. Anda juga bisa mencoba menggunakan stik aroma minyak esensial.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan wewangian berwarna oranye dengan aroma jeruk atau cendana untuk membantu membuka cakra sakral Anda.

10. Letakkan Kristal Oranye di Bawah Pusar

Kristal oranye dapat membantu menyeimbangkan dan membuka cakra. Caranya adalah dengan berbaring dan kemudian letakkan kristal tepat di bawah pusar. Tutup mata Anda dan bayangkan chakra sakral Anda terbuka. Tetap dalam posisi itu selama yang Anda inginkan. 

Kristal seperti mata harimau, carnelian, citrine, dan topaz emas merupakan pilihan yang tepat untuk membuka cakra sakral Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kristal sebagai liontin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

meditasi gaya hidup tips gaya hidup inspirasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top