Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

11 Tips Belanja Murah dan Aman saat Harbolnas 12.12

Jelang hari belanja online nasional 12.12 yang jatuh pada 12 Desember, berikut tips belanja murah namun tidak boros
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  19:49 WIB
11 Tips Belanja Murah dan Aman saat Harbolnas 12.12
Pengunjung memilih barang di salah satu outlet di pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta, Rabu (9/11.2022). Bisnis - Himawan L Nugraha\r\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kesempatan emas untuk bisa memborong belanjaan secara online tapi hemat adalah saat Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas yang identik dengan 12.12 karena jatuh pada 12 Desember. 

Berbagai situs e-commerce di Indonesia bakal memberikan promo diskon besar-besaran selama periode ini.

Namun dibalik kemeriahannya yang menawarkan beragam produk dengan diskon besar. Ada sejumlah tips yang perlu diterapkan agar tidak mudah tergiur sampai membuat Anda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau bahkan tertipu dengan berbagai potongan menggoda saat Harbolnas. Simak ulasannya. 

1. Hindari harga dan diskon tidak masuk akal

Hal terbaik tentang belanja online adalah Anda dapat tetap gesit dan cepat berpindah dari satu toko ke toko lainnya. Karenanya, jika Anda membutuhkan produk populer yang dijual di banyak pasar, Anda dapat memeriksa harganya di beberapa sumber web. Ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan tawaran harga terbaik. Namun, pada saat yang sama, Anda juga tidak boleh tergiur dengan harga yang terlihat terlalu rendah untuk menghindari penipuan. 

2. Baca review toko

Ulasan menjadi cara cerdas untuk Anda dapat mempelajari tentang masalah kualitas, menemukan kiat memilih ukuran yang tepat, melihat foto sebenarnya agar produk yang diterima sesuai dengan ekspetasi. 

3. Jadilah skeptis

Berhati-hatilah dengan penawaran yang tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Anda harus menaruh kecurigaan dengan mencermati apakah ada nomor telepon yang tercantum di situs dan juga luangkan beberapa menit untuk meneliti situs secara online dengan menggunakan mesin pencari untuk mencari nama situs web atau bisnis online dengan tambahan kata "penipuan".

4. Tinggalkan toko jika meminta banyak informasi pribadi 

Semua situs terkemuka harus memposting kebijakan privasi yang menjelaskan apa yang mereka lakukan dengan informasi pelanggan. Luangkan beberapa menit untuk meninjaunya. Jangan berikan informasi yang tidak perlu dengan mengisi kolom opsional di formulir pemesanan, misalnya nomor KTP, foto KK, dan nomor rekening. Karena, beberapa situs menjual data kepada pihak ketiga. 

5. Perhatikan mekanisme pengiriman barang

Sebelum menyelesaikan proses pembelian di e-commerce, pastikan metode pengiriman yang dipilih sesuai dengan kehendak dan dana yang Anda miliki. Jika kita memilih pengiriman instan macam Same Day, misalnya, maka barang bisa sampai dalam hitungan jam.

Jika belum sampai di keesokan harinya, maka Anda berhak mengajukan komplain. Di sisi lain, Anda juga bisa memilih metode pengiriman reguler. Biasanya, barang yang dikirimkan melalui metode pengiriman ini akan sampai rumah 2-5 hari.

6. Periksa kembali kebijakan refund

Ada kemungkinan jika Anda memesan melalui toko online, bisa jadi Anda salah memesan ukuran atau kecewa dengan kualitas saat produk tiba. Karena itu, sebaiknya Anda memeriksa kebijakan tiap toko online terkait refund ataupun garansi sebelum membeli sesuatu. 

Anda harus mengetahui bagaimana cara mengembalikan barang dagangan yang tidak diinginkan? Berapa lama proses pengembalian? Apakah Anda akan menerima pengembalian dana penuh? Siapa yang membayar pengiriman kembali? Hal tersebut perlu diketahui secara jelas. 

7. Simpan resi

Setelah Anda melakukan pesanan, Anda akan mendapatkan layar dengan detail transaksi. Simpan resi tersebut untuk mengetahui seperti apa status pesanan Anda.

8. Tahu persis apa yang Anda butuhkan

Tidak ada gunanya membeli 10 koleksi sepatu yang serupa meskipun itu indah. Idealnya, Anda harus memutuskan apa yang Anda butuhkan sebelum berbelanja agar uang Anda tidak habis dengan sia-sia. 

9. Taruh favorit atau keranjang terlebih dahulu

Jika Anda cenderung melakukan pembelian impulsif, ini adalah salah satu tips terbaik. Setelah Anda menyukai sesuatu di toko online dan merasa sangat ingin memilikinya, tunggu. 

Tambahkan item ke favorit Anda atau tandai untuk mendapatkannya kembali setelah beberapa waktu. Dengan cara ini, Anda akan menenangkan diri dan kemudian memutuskan apakah itu kesepakatan yang bagus. Kemungkinan Anda akan berubah pikiran.

10. Ingatlah bahwa tren saat ini akan memudar 

Banyak retail memang sengaja mempromosikan barang-barang trendi untuk membuat orang terus mengejar koleksi baru. Tapi Anda harus jangan mudah tergiur dengan penawaran mereka. 

Fesyen akan berubah mengikuti tiap musim, dan jika Anda terus mengikutinya, itu tidak akan pernah ada habisnya. Maka, belilah pakaian atau barang yang memang berkualitas dengan pertimbangan yang lebih bijak.

11. Carilah kupon diskon dan voucher

Pada momen Harbolnas ini masing-masing e-commerce dan toko online pastinya menerapkan syarat serta ketentuan pada promo. Meskipun disebutkan banyak promo dan diskon, namun itu berlaku hanya untuk produk tertentu saja. Di sinilah pentingnya kamu mengetahui dengan baik persyaratan juga ketentuan pada promo tersebut.

 

Dengan demikian, Anda tentunya lebih bijak saat menggunakan promo dan diskon yang ada. Selain itu juga akan membantu Anda untuk mendapatkan promo terbaik saat Harbolnas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harbolnas belanja online belanja
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top