10 Rekomendasi Wisata Purwakarta Murah dan Instagramable - Instagram tantigustiani23
Travel

Ini 10 Rekomendasi Wisata Purwakarta Murah dan Instagramable

Nuraini
Senin, 12 Desember 2022 - 23:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak destinasi wisata Purwakarta yang instagramable dan populer. Tak hanya itu, biaya berlibur di Purwakarta juga terbilang terjangkau sehingga siapa saja bisa berlibur ke kota ini. 

Lalu, apa saja tempat wisata yang ada di Purwakarta? Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata Purwakarta yang didominasi wisata alam. 

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta 

1. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri dalam bahasa Sunda artinya bukit pelangi. Tempat wisata di Purwakarta ini menyajikan pemandangan bukit hijau dari ketinggian. Tiket masuk ke lokasi ini sangat terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10.000.

Alamat : Desa Margaluyu, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 

Harga tiket : Rp 10.000

2. Bukit Panenjoan

Kata Panenjoan berasal dari bahasa Sunda yang artinya penglihatan. Awalnya, kawasan ini merupakan lahan tandus yang kemudian diolah menjadi lahan hijau seperti sekarang. Kini, Bukit Panenjoan tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dan banyak dikunjungi wisatawan. 

Alamat : Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kec. Bojong, Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Rp 3.000 – 5.000

3. Desa Sajuta Batu

Destinasi wisata Purwakarta ini sulit ditemukan di kota lain karena penuh dengan batu alam yang masih terjaga keasliannya. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan kalau berwisata kesini yaitu  memancing, rock climbing, berkemah, dan mendaki. Saat berada disini, Anda juga bisa hunting foto karena banyak spot foto yang instagramable.

Alamat : Jl. Taman Batu, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Gratis

4. Tebing Boyer

Destinasi wisata Purwakarta selanjutnya yaitu Tebing Boyer. Tebing ini berada di tepi Waduk Jatiluhur. Tempat ini menjadi salah satu spot foto menarik di Purwakarta.

Alamat : Jl. Kp. Talun No. Desa, Tajursindang, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Rp 5.000

5. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok memiliki ketinggian 985 mdpl. Dari atas gunung ini, Anda bisa menikmati panorama Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta. Tidak hanya itu, matahari terbenam disini juga sangat indah. Meskipun bukan wisata Purwakarta terbaru, Gunung Bongkok masih menjadi tempat liburan masyarakat Purwakarta maupun dari daerah lain. 

6. Gunung Lembu

Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 mdpl. Panorama Gunung Bongkok, Gunung Parang, dan Waduk Cirata dapat dilihat dari atas sini. Jangan lupa untuk memotret keindahan alam di Gunung Lembu.  

Alamat : Dukuh Menanggal, Desa Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Rp 10.000 – 15.000

7. Pasir Langlang Panyawangan

Tempat wisata Purwakarta yang satu ini berupa hutan pinus. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini yakni outbound, kemah, dan tracking. Selain itu, juga banyak spot foto yang instagramable. 

Alamat : PusaAndalya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Rp 10.000

8. Curug Tilu

Dahulu ada tiga curug disini, namun seiring bertumbuhnya tanaman, dua curug menjadi hilang. Suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000, sedangkan wisatawan mancanegara sebesar Rp 30.000.

Alamat : Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Rp 10.000 – 30.000

9. Curug Cipurut

Tidak kalah indah dan sejuk dari Curug Tilu, wisata alam Purwakarta ini juga cocok dikunjungi sebagai tempat penghilang penat. Kesegaran dan kesejukan airnya dapat menenangkan pikiran.

Alamat : Desa Sumurugul, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Rp 5.000 – 20.000

10. Parang Gombong

Tempat wisata di Purwakarta lainnya yaitu Parang Gombong. Tempat ini memiliki daya tarik seperti camping ground, scenic spot, dan wahana permainan. 

Alamat : Desa Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Harga tiket : Gratis

Itulah 10 rekomendasi wisata Purwakarta murah dan instagramable. Beberapa diantaranya memiliki tiket masuk wisata yang murah, bahkan tidak dipungut biaya alias gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro