Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh./Medical News Today
Health

Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Si Superfood Mungil

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 Desember 2022 - 19:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Tapi, di luar kenikmatan rasanya dalam sebuah hidangan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Berikut beragam manfaat bawang putih yang kerap disebut superfood: 

1. Membantu peningkatan memori

Beberapa komponen ekstrak bawang putih dan bawang putih mungkin bersifat neuroaktif, yang artinya dapat merangsang jaringan saraf. Kemampuan belajar dan daya ingat dipengaruhi secara positif oleh komponen bawang putih, yang juga meningkatkan kesehatan otak.

2. Menutrisi usus

Sebagai prebiotik, bawang putih dapat mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan di saluran pencernaan. Suplemen makanan bawang putih dapat membantu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan kesehatan atau pengoperasian sistem fisiologis lainnya dapat didukung oleh kesehatan usus yang baik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Karena sifat antivirusnya, bawang putih mungkin berguna untuk mengobati penyakit seperti flu biasa. Ekstrak bawang putih telah ditunjukkan dalam penelitian efektif melawan rotavirus, HIV, herpes simplex, rhinovirus, dan influenza A dan B.

4. Antioksidan yang efektif

Antioksidan, bahan kimia yang membantu melindungi sel kita dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, ditemukan dalam bawang putih. Penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan stroke semuanya terkait dengan kerusakan oksidatif, yang juga mempercepat penuaan.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ada berbagai cara makan bawang putih dapat mengurangi peluang Anda terkena kondisi kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Faktanya, suplemen bawang putih secara signifikan menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Menurunkan kadar glukosa darah

Menjadi anti-diabetes, bawang putih dapat membantu penderita diabetes dalam mengelola kadar gula (glukosa) darahnya. Ini sebagai akibat dari pengaruhnya terhadap insulin, hormon pankreas yang memfasilitasi penggunaan glukosa oleh tubuh untuk energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro