Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tren Topi Flat Cap, dari Anies Baswedan hingga Prabowo Bergaya ala Intel

Berikut gaya publik figur tanah air saat memakai topi fesyen Flat Cap. Ada Anies Baswedan dan Prabowo.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  17:47 WIB
Tren Topi Flat Cap, dari Anies Baswedan hingga Prabowo Bergaya ala Intel
Anies Baswedan memakai flat cap
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Topi adalah bagian dari fashion yang memiliki fungsi melindungi kepala dari sinar matahari, namun juga menambah penampilan lebih modis.

Ada beberapa jenis topi yang selama ini menjadi tren fashion. Salah satunya adalah flat cap. 

Topi yang satu ini, tampaknya juga sedang tren digunakan sejumlah public figur tanah air.

Berikut adalah beberapa publik figur yang "tertangkap" pernah bergaya dengan flat cap.

1. Anies Baswedan

Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan memakai flat cap saat liburan ke Ipswich, dekat London Inggris.

Dia tampak memakai flat cap berwarna hitam keabu-abuan, melengkapi kostum musim dinginnya.

Kostumnya sendiri, Anies memakai coat panjang berwarna senada dipadukan dengan celana dan sepatu dengan warna sama, dan dilengkapi dengan syah dua warna hitam dan abu-abu.

2. Prabowo

Selain Anies Baswedan, juga ada Prabowo yang tampak memakai topi tersebut. Dia tampak memakai topi itu juga ketika berada di luar negeri bersama sahabatnya Sjafrie Sjamsudi.

Gaya Prabowo memakai flat cap berwarna cokelat, dengan coat panjang berwarna krem, dan kemeja serta celana berwarna cokelat.

Ini bukan kali pertama Prabowo memakai flat cap, dia juga pernah memakai topi dengan model sama saat kebersamaannya dengan putra semata wayangnya Didit Prasetyo di ulang tahunnya yang ke 35 tahun.

3. Faisal Basri

Ekonom yang satu ini memakai flat cap saat diwawancarai Gita Wirjawan di podcastnya, End Game. 

Pilihan flat cap Faisal Basri lebih bermotif, karena berwarna kotak-kotak cokelat dan krem.

Diapun berani memadukannya dengan warna pakaian yang kontras. Faisal Basri memilih kemeja berwarna biru muda dan blazer biru tua. Sedangkan dia memilh menggunakan celana berwarna cokelat sehingga masih senada dengan flat cap yang digunakannya.

4.  Amien Rais

Dalam beberapa kesempatan, Amien Rais sempat terlihat memakai flat hat ini.

Flat hat yang dipakainya berwarna abu-abu gelap polos. Dia memadukannya dengan kemeja kotak-kotak putih biru dalam penampilannya itu.

5. Sapardi Djoko Damono

Tokoh lain yang identik dengan flat hat adalah Sapardi Djoko Damono.

Dalam berbagai kesempatan flat hat ini tidak pernah lepas dari kepalanya. Bahkan dia memiliki beragam warna yang dipadukan dengan pakaian kesehariannya.

6. Pak Tino Sidin

Tokoh lain yang juga kerap memakai flat hat adalah Pak Tino Sidin. Bahkan beberapa penjual menyebut topi ini sebagai topi pak Tino Sidin.

Pak Tino Sidin bahkan memakainya jauh sebelum topi ini tren di kalangan anak muda.

Sejarah Flat Cap

Flat cap adalah topi bundar dengan konstruksi kain yang lembut dan pinggiran depan yang pendek dan membulat.

Flat cap umumnya memiliki siluet yang datar dan rata karena konstruksi datar satu bagian di bagian atas topi.

Badan topi ditarik ke depan melewati pinggiran, dan dijahit atau diikat ke tepi atas pinggiran untuk membuat profil sisi segitiga.

Meskipun flat cap adalah klasik modern, sudah ada selama berabad-abad. Pendahulu flat cap, yang dikenal sebagai "cap", dipakai sejak abad ke-14. Istilah "cap" mulai digunakan sebelum abad ke-17.

Menariknya, pada abad ke-16, Parlemen Inggris ingin merangsang konsumsi wol, sehingga mereka mengamanatkan bahwa semua pria non-bangsawan harus memakai topi wol pada hari Minggu dan hari libur, atau kena denda.

Meskipun undang-undang tersebut tidak bertahan lama, topi tersebut telah menjadi bagian dari seragam pekerja yang tidak dapat ditarik kembali. Topi terus menjadi populer selama abad ke-19 dan ke-20.

Bangsawan bahkan mengadopsi flat cap, dengan bahan yang lebih mahal, sebagai pilihan topi kasual untuk dipakai di perkebunan pedesaan mereka. Topi itu sering dipakai dengan setelan tweed untuk berburu, menguntit, dan menembak. Meski begitu, flat cap tetap diasosiasikan dengan kelas pekerja di Inggris.

Di AS dan Inggris, flat cap memuncak popularitasnya pada tahun 1910-an dan 1920-an. Era tersebut memang membantu mempopulerkan istilah "tukang koran" karena anak laki-laki yang memakainya saat menjual koran, tetapi topi itu dipakai hampir secara universal oleh kelas pekerja.

Pertunjukan seperti Peaky Blinders juga membantu memperkuat citra flat cap sebagai fesyen wajib lemari pakaian kelas pekerja. Saat Depresi dimulai, flat cap kehilangan popularitas tetapi tidak pernah hilang sama sekali.

Tokoh masyarakat, bangsawan, dan bangsawan terus memakainya untuk kegiatan santai. Baru-baru ini, selebriti seperti David Beckham dan Brad Pitt terlihat mengenakan flat cap, meningkatkan profil mereka sebagai aksesori pria modern.

Cara Memakai flat cap

Jika Anda pecinta gaya klasik, maka flat cap akan cocok dengan lemari pakaian Anda, berapa pun usia atau pekerjaan Anda. Diukur dengan benar, mereka bisa dipakai hampir semua bentuk wajah dan mereka dapat ditata agar sesuai dengan pakaian kasual, informal dan formal. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memakai topi datar:

Jika Anda mengenakan flat cap, pastikan bahan topi Anda cukup kontras dengan bahan mantel atau jaket Anda. Pola yang terlalu mirip akan terlihat aneh, jadi pertimbangkan warna solid untuk satu dan pola untuk yang lain.

Bentuk pinggirannya sesuai selera Anda. Banyak flat cap berpinggiran yang relatif datar, dan Anda dapat membulatkannya dengan lembut agar pas dengan kepala Anda dan membentuk kontur alami di sekitar wajah Anda.

Jangan memakai flat cap ke belakang

Jangan memakai flat cap di musim panas, meskipun terbuat dari bahan “musim panas” seperti linen; itu tidak dirancang untuk musim itu. Kenakan topi Panama di musim panas sebagai gantinya.

Jangan memakai flat cap yang tidak disematkan atau patah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fashion tren fashion Anies Baswedan prabowo subianto
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top