Cara melihat pesanan di Tiktok Shop/Tiktok
Relationship

Begini Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop dengan Gampang

Hana Fathina
Selasa, 21 Februari 2023 - 12:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para konsumen belanja online tentunya harus memahami cara melihat pesanan di TikTok Shop. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui informasi tentang waktu sampainya barang yang dipesan. Tiktok ini memang sudah dikenal sebagai e-commerce dengan nama TikTok Shop dan tidak hanya menjadi penyedia layanan hiburan berupa video saja. 

Pada aplikasi TikTok Shop ini pelanggan bisa membeli produk dengan cara memilih toko yang diinginkan lalu menentukan barang untuk kemudian dibayarkan menggunakan berbagai metode yang disediakan. 

Cara pembayarannya juga terbilang cukup mudah. Namun terkadang konsumen sempat kebingungan mengenai barang yang sudah dipesan dan dibayar sudah sampai mana. Jika di aplikasi e-commerce lain terdapat fitur yang memungkinkan konsumen untuk melihat dan melacak hal tersebut di TikTok Shop rupanya memiliki Langkah tersendiri yang perlu dilakukan. 

Berikut ini adalah beberapa cara melihat pesanan di tiktok yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara melihat pesanan di TikTok Shop

  • Buka aplikasi tiktok kamu. 
  • Klik menu profil dengan ikon orang di pojok kanan bawah layar. 
  • Klik tanda garis tiga di pojok kanan atas layar untuk masuk ke menu pengaturan akun. 
  • Pada menu akun, pilih opsi pesanan. 
  • Pilih halaman selanjutnya, kamu bisa melihat rincian dan status barang yang kamu beli. Lalu, informasi mengenai lokasi dan status pesanan akan muncul. Misalnya belum dibayar, untuk dikirim, dikirim dan sebagainya.

2. Cara melacak pesanan TikTok Shop

  • Buka aplikasi tiktok, login menggunakan akun pemesanan 
    Serupa dengan cara melihat pesanan di TikTok Shop, pastikan kamu login menggunakan akun yang sama dengan akun yang digunakan untuk membuat pesanan. 
  • Buka menu profil, pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas
    Di bagian kiri bawah, pilih ikon orang untuk masuk ke menu profil. Jika sudah, klik ikon titik tiga atau garis tiga untuk masuk ke jendela pengaturan dan privasi. Gulir ke bawah hingga menemukan kelompok pengaturan Akun. 
  • Klik menu pesanan, geser ke opsi Dikirim
    Begitu berhasil masuk ke menu pesanan, pilih barang yang sedang dalam proses pengiriman dan ingin kamu lacak. Agar lebih mudah, kamu bisa menggeser menu pesanan pada opsi Dikirim untuk melihat kelompok barang-barang yang khusus tahap pengiriman. 
  • Buka detail pesanan 
    Untuk bisa melihat sampai mana proses pengiriman pesanan, buka detail barang yang kamu beli. Akan muncul tanggal dan keterangan Diantar pada bagian atas. Klik Detail untuk mendapatkan informasi pengiriman lebih jelas. 
  • Opsi lain, salin nomor resi 
    Tidak perlu khawatir jika tracking tidak muncul di aplikasi TikTok Shop. Kamu bisa mengetahui proses pengiriman dengan melakukan cek resi di internet. Caranya cukup salin nomor resi pengiriman di TikTok Shop. Lalu, masukkan pada box pencarian resi yang tersedia di pencarian Google. 

3. Tips aman belanja di TikTok Shop

  • Pilih akun terverifikasi 
    Tiktok sendiri sudah menyediakan tim khusus untuk melakukan review terhadap pada sellernya. Toko dengan centang hijau atau biru pada akunnya menunjukkan bahwa brand sudah terverifikasi, sehingga dijamin terpercaya 100% aman. 
  • Follow brand yang kamu suka 
    Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Jika kamu baru pertama kali belanja di TikTok Shop, kamu bisa coba follow akun brand yang sesuai dengan preferensi. 
  • Tonton video 
    Menonton video dari brand yang kamu suka bisa membantu kamu mendapat lebih banyak rekomendasi brand-brand serupa. Dengan demikian, kamu mungkin menemukan barang-barang lain dengan kualitas bagus namun dengan harga yang lebih rendah. 


Itulah beberapa cara melihat pesanan di TikTok Shop yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro