Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Relationship

Ini 10 Tips Menambah Followers di Tiktok

Salma Permata Dewi
Senin, 6 Maret 2023 - 19:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok adalah salah satu platform media sosial yang populer. Hampir semua orang bermain TikTok, dari yang muda sampai tua, selebritas, perusahaan, media, dan banyak lagi.

TikTok menawarkan cara mudah pengguna dalam mengonsumsi kontennya tanpa perlu waktu atau usaha yang banyak. Oleh karena itu, pengguna bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan hiburan yang mereka inginkan.

Menurut Camberlion, saat ini pengguna TikTok mencapai 80 juta pengguna aktif dengan kisaran umur 18 hingga 24 tahun. Oleh karena itu, personal, produk, dan jasa memiliki peluang besar untuk promosi dan memperluas pasarnya di TikTok.

Untuk mencapai target tersebut, Anda bisa membangun hubungan dengan audiens. Cara menggaet audiens sendiri pertama-tama kita harus mengembangkan akun TikTok dengan mencari pengikut dan likes.

Ini 10 tips menambah followers di TikTok:

1. Optimalkan Profil TikTok-mu

Pertama kalinya saat mempunyai akun TikTok tentunya melengkapi profil. Gunakanlah sesuatu yang mudah diingat dan menarik pada nama pengguna. Untuk akun perusahaan lebih baik menggunakan nama perusahaan itu sendiri. Selain nama pengguna, pilihlah foto profil dengan resolusi tinggi sehingga audiens mengenalimu dengan mudah. Buat akun menjadi publik dan tautkan semua akun media sosial di profil.

2. Incar Audiens secara Spesifik

Kalau sebuah merek, pastinya sudah memiliki audiens yang ingin ditargetkan. Maka dari itu, konten yang dibuat akan lebih mudah tersampaikan.Konten yang dibuat bisa dengan pendekatan tren dan dikemas secara menarik, menghibur, atau lucu.

3. Fokus pada Tren yang Ada

Tren yang ada di TikTok selalu berganti tiap waktunya. Orang-orang muncul dengan tarian baru, candaan baru, atau audio baru yang menjadi viral. Bergabung lah dalam membuat konten dengan hal-hal yang sedang tren itu untuk meningkatkan audiens.

4. Buatlah Video yang Lebih Pendek

Algoritma TikTok mempertimbangkan waktu saat pengguna menonton. Kebanyakan anak muda lebih memilih video yang pendek dibandingkan yang memiliki durasi lama. Jadi, semakin pendek video yang dibuat, semakin banyak orang yang menonton sampai habis.

caraa menambahh followers di tiktok
caraa menambahh followers di tiktok

5. Pilihlah Format Video dan Jangan Ganti

Ada pola tertentu pada format video yang diminati audiens di TikTok, yakni mengikuti tren atau ada bagian awal, tengah, dan akhir, serta lebih informatif. Kamu bisa bereksperimen dan pilihlah format video yang paling banyak interaksi audiens untuk konten-konten ke depannya.

6. Sering-Sering Mengunggah Konten

Cara untuk mencapai lebih banyak audiens adalah dengan mengunggah konten dengan sering. Bisa dengan menjadwalkan tiap minggunya untuk video yang ingin diunggah. Mudahnya, rekam hari ini, sunting besok, dan unggah lusa, lakukan tiap minggunya. Awalnya memang mungkin belum banyak yang memberikan suka, tetapi jangan menyerah dan tetap unggah secara konsisten.

7. Cobalah untuk Memperoleh Keterlibatan dari Audiens

Salah satu cara dari fitur TikTok adalah dengan ‘stitch’ video yang merupakan respon berupa video dari pengguna lain untuk video kamu. Mendapatkan stitch memang susah, tetapi kalau ada yang menggunakan fitur ini, kamu mendapatkan peluang besar menarik audiensnya menjadi audiensmu juga.

cara menaikkan jumlah follower di tiktok
cara menaikkan jumlah follower di tiktok

8. Pikirkan Judul yang Menarik dan Gunakan Tagar

Menggunakan judul yang kreatif dan tagar yang relevan bisa membantumu dalam mencapai audiens yang diinginkan. Eksperimen dalam menggunakan tagar itu perlu agar kamu bisa mendapatkan yang tepat.

9. Pakai Audiomu Sendiri

Pertimbangkan audio yang cocok dengan konten videomu. Biasanya, pengguna TikTok menggunakan audio yang ada di platform dan jika berhasil menonjol, audio tersebut bisa menjadi viral.

10. Pahami Cara “For You Page” Bekerja

TikTok mengkurasi konten-konten video yang muncul di For You Page atau FYP dengan algoritma berdasarkan yang mereka sukai, tonton, atau bagikan sebelumnya sehingga memunculkan video-video yang mirip. Jika TikTok menganggap sebuah video itu populer bagi audiens tertentu, video lain dari akun tersebut akan lebih muncul di FYP. Untuk tambahan, bisa juga menggunakan promosi berbayar di TikTok untuk membantu menampilkan konten ke FYP audiens.

Jika ingin menargetkan Gen Z dan Millennial dengan TikTok, kamu harus siap untuk menjadi lebih kreatif dan lebih trendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro