Jantung/Boldsky
Health

Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Bagi Perempuan agar Tetap Sehat

Salma Permata Dewi
Rabu, 8 Maret 2023 - 22:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan perlu melakukan perubahan gaya hidup mulai dari pola makan, olahraga, dan tingkat stres dalam kehidupan. Jika tidak mengatur gaya hidup, maka akan tetap mengalami gangguan jantung.

Menurut Dr Edwina Raj, MS CDE RD, Head of Clinical Nutrition & Dietetics, Aster CMI Hospital, yang dilansir dari Times of India, ada kaitan di antara munculnya penyakit jantung dan stroke pada wanita dengan berbagai perubahan gaya hidup. Wanita muda memiliki potensi penyakit jantung karena perubahan gaya hidup ini.

Peningkatan risiko masalah jantung pada wanita didasari beberapa faktor, yakni merokok, kadar gula darah yang tidak terkontrol, menopause dini, obesitas, gaya hidup kurang gerak, peningkatan stres, dan lainnya. Hal ini menjadikan wanita harus memfokuskan kesehatan sejak dini.

Simak tips sehat yang baik bagi kesehatan jantung perempuan:

1. Ikuti gaya makan Mediterania

Gaya makanan Mediterania itu memaksimalkan asupan sayuran dan buah-buahan tiap hari. Selain itu juga ada biji-bijian, seperti nasi, millet, quinoa, oat, gandum utuh, dan kacang-kacangan. Perempuan juga bisa mengonsumsi ikan dan kulit ayam sebagai pengganti daging merah. Sertakan pula kombinasi minyak nabati karena diet 0 minyak itu tidak dianjurkan.

2. Makanan rendah sodium

Pilihlah makanan rendah sodium atau rendah asin. Kurangi natrium dari berbagai sumber, seperti makanan asin dan soda atau monosodium glutamat. Batasi pula konsumsi selai, jeli, saus, penyedap rasa, dan lemak trans dalam produk roti.

3. Makanan yang kaya kalium dan nutrisi lainnya

Nutrisi-nutrisi ini membantu mengatur tingkat tekanan darah dan menjaga kesehatan oto jantung. Maka dari itu, penting mengonsumsi vitamin B12 dari sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan

4. Hindari produk olahan

Batasi tambahan gula, minuman manis, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan daging berlemak atau olahan. Sebaliknya, konsumsi makanan yang memiliki pemanis alami, seperti buah-buahan. Konsumsi susu rendah lemak atau susu nabati untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan gunakan lemak baik, seperti minyak zaitun dan minyak jahe.

5. Makanan dan minuman buatan sendiri

Buatlah makanan dan minuman sendiri dengan bahan-bahan makanan yang direkomendasikan. Salah satu makanan yang bisa dibuat sendiri atas anjuran dokter adalah smoothie pepaya pisang tanpa gula dengan biji chia dan minyak zaitun. Anda bisa mencari dan mengeksplor sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro