Kucing Anggora_ Ciri, Jenis, Cara Merawat, dan Harganya - Daily Paws
Fashion

Kucing Anggora: Ciri-ciri, Jenis, Cara Merawat, dan Harganya

Nuraini
Minggu, 12 Maret 2023 - 22:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kucing kerap dipelihara karena karakter fisik dan tingkahnya yang menggemaskan. Salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara di rumah yaitu kucing anggora.

Seperti apa ciri-ciri dari kucing anggora, jenis, harga, hingga cara merawatnya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Kucing anggora memiliki ciri tersendiri. Beberapa ciri dari kucing anggora sebagai berikut. 

  • Warna mata

Warna mata kucing anggora sangat unik, ada yang berwarna biru, hijau, kuning emas, hingga warna mata berbeda antara satu dengan lainnya. Warna mata yang berbeda disebut dengan odd eye cat.

  • Ekor panjang

Ciri-ciri kucing anggora selanjutnya yaitu ukuran ekornya yang panjang. Tidak hanya panjang, tetapi juga lebat dan tebal. 

  • Bentuk kepala 

Kucing anggora memiliki bentuk kepala dan tubuh yang unik. Bentuk kepala kucing anggora menyerupai segitiga terbalik dengan bagian atas kepala yang cenderung lebih besar dan mengerucut ke bagian dagu. Bagian hidung dari kucing anggora terlihat lebih mancung dengan lubang hidung yang terlihat. 

  • Bulu

Ciri-ciri kucing anggora berikutnya yakni berbulu lebat. Warna bulu kucing anggora sangat bervariasi, yakni putih, merah, hitam, biru, dan lainnya. Pola warnanya pun bervariasi, seperti tabby, smoke, solid color, calico, dan lain sebagainya. 

  • Bobot dan usia

Bobot kucing anggora jantan mencapai 5 kg, sedangkan kucing anggora betina sedikit lebih ringan. Masa hidup kucing anggora cukup lama yakni antara 9 – 14 tahun lamanya. 

Jenis Kucing Anggora

Anggora ada yang asli dan hasil persilangan dengan kucing lain, inilah beberapa jenis dari kucing anggora. 

  • Anggora x Persia

Jenis kucing ini berasal dari persilangan anggora dengan persia. Kucing anggora jenis ini memiliki bulu dan mata cantik dengan bentuk muka bulat khas kucing persia. 

  • Anggora x Kucing Kampung

Kucing anggora ini merupakan hasil persilangan dengan kucing kampung. Struktur tulang dan bulu mirip dengan kucing kampung, tetapi bentuk wajahnya lebih mirip dengan kucing anggora. 

  • Anggora x Anggora

Jenis kucing anggora ini memiliki bentuk wajah runcing, hidung mancung, dan tulang yang cukup besar. Anggora yang disilangkan dengan anggora biasanya memiliki warna bulu yang sama yaitu  bulu berwarna putih bersih. 

Cara Merawat Kucing Anggora

Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing anggora, kita harus tahu cara merawatnya. Berikut ini beberapa cara merawat kucing anggora yang perlu diketahui. 

  • Memberikan makanan dan minuman terbaik

Kucing anggora tidak boleh terlalu kurus ataupun terlalu gemuk agar kesehatannya terjaga. Kita harus memilih makanan yang cocok untuk kucing anggora peliharaan karena tidak semua kurang cocok dengan jenis makanan yang sama. 

  • Memberikan ruang dan waktu luang

Ketika merawat kucing anggora, pastikan bahwa kita dapat memberikan banyak ruang agar kucing dapat bergerak secara aktif. Selain itu, kita juga harus meluangkan waktu untuk memberikan kasih sayang kepada kucing-kucing anggora peliharaan.

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan

Kucing anggora harus dimandikan minimal sebulan sekali menggunakan shampo yang cocok agar bulu kucing halus dan terbebas dari kutu. Selain itu, kucing anggora sebaiknya diberi vaksin secara rutin agar tidak mudah terserang penyakit. 

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Banyak yang mengira kucing anggora sama dengan persia. Padahal kedua jenis kucing ini berbeda. Terdapat perbedaan fisik dan perbedaan perawatan antara kucing anggora dengan persia. Berikut ini penjelasannya. 

  • Bulu kucing dan perawatan

Bulu kucing persia tebal dan panjang yang tersusun atas lapisan atas dan bawah. Untuk mencegah bulu kusut, maka harus disisir setiap hari dan dimandikan secara rutin. 

Bulu kucing anggora memang tidak sepanjang kucing persia, tetapi memiliki bulu yang lebih halus dan jarang kusut sehingga ada baiknya agar bulu kucing anggora disisir sekali atau dua kali seminggu.

  • Perangai

Perangai kucing persia dengan anggora berbeda. Kucing persia lebih tenang, lembut, dan tidak menyukai adanya gangguan sedangkan kucing anggora dikenal aktif berlari, sering memanjat, dan mudah berbaur dengan hewan lain. 

  • Karakter fisik

Karakter fisik dari kucing persia yakni memiliki bentuk badan berotot, kaki pendek, ekor pendek, dan tebal. Selain itu, bentuk wajahnya pendek, rata, hidungnya pendek, dan mata yang berbentuk bundar dan besar. 

Kucing anggora memiliki tubuh yang ramping dengan bulu ekor panjang. Selain itu, kucing anggora memiliki hidung yang mancung dan bentuk mata yang berbentuk seperti almond.  

Harga Kucing Anggora

Harga kucing anggora asli seharga 1,5 juta rupiah. Apabila ingin mendapatkan harga yang lebih murah, kita bisa memilih kucing anggora campuran. Harganya berkisar 150 ribu sampai 800 ribu rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro