Kucing Persia, Jenis Kucing Ras yang Banyak Disukai - Getty Images
Fashion

Ciri-ciri Kucing Persia, Jenis Kucing Ras yang Banyak Disukai

Nuraini
Minggu, 12 Maret 2023 - 22:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara yaitu kucing persia. Kucing ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya banyak disukai.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar kucing persia dari ciri-ciri sampai harganya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Persia

Perlu diketahui bahwa kucing persia adalah jenis kucing berbulu panjang atau long hair. Kucing ini memiliki karakter yang manis, lembut, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Banyak yang mengira kucing persia sama dengan anggora. Padahal, keduanya merupakan jenis kucing yang berbeda.

Salah satu perbedaan kucing anggora dan persia yang mudah dikenali yaitu dari bentuk wajahnya. Kucing persia memiliki wajah pendek dan datar dengan hidung rata serta kepala yang bulat. Sedangkan kucing anggora memiliki hidung yang lebih panjang dan kepalanya berbentuk  baji halus.

Adapun beberapa ciri ciri kucing persia yang membedakannya dengan ras kucing lain, seperti berikut:

1. Bentuk badan

Bentuk badan kucing persia bulat dengan perawakan kekar serta berbulu tebal dan panjang. Bagian dada dan pundak kucing ini lebar dengan perut belakang lebih rendah dibandingkan sisi depan. Kucing ini juga memiliki ekor yang panjang dengan kaki pendek.

2. Bentuk kepala

Ciri kucing persia lainnya juga bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Kucing ini memiliki diameter kepala yang lebih besar daripada kucing lain. Tulang rahang kucing ini juga kokoh dengan bagian tulang pipi sedikit menonjol.

Bentuk dahi, hidung, serta dagunya tegak lurus dengan leher yang pendek dan tebal. Ukuran telinga kucing ini tipis dan kecil dengan bentuk bulat.

3. Ukuran bulu

Jenis kucing persia memiliki bulu yang panjang dan tebal. Bulu kucing ini memiliki panjang sekitar 5 sampai 10 cm. Bulu kucing persia lembut dan mengkilap yang membuat kucing ini terlihat anggun, elegan, dan menawan.

4. Bentuk mata

Kucing persia memiliki mata yang bulat, lebar, dan nampak ekspresif. Semantara itu, warna matahanya biasanya sama dengan warna bulunya.

5. Warna bulu

Bulu kucing persia sangat bervariatif, antara lain; emas, merah, krem, biru, coklat, silver, calico, dan lain sebagainya. Akan tetapi, warna dan polanya bisa berbeda-beda pada setiap kucing.

Cara Merawat Kucing Persia

Di penangkaran kucing persia lama hidup bisa mencapai 12 hingga 17 tahun. Akan tetapi, panjangnya umur kucing tentu sangat dipengaruhi oleh perawatan kucing tersebut. Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam merawat kucing persia.

1. Rutin melakukan grooming

Kucing persia memiliki bulu yang panjang dan lebat. Maka dari itu, bulu kucing tersebut harus ruin disikat dan disisir agar tidak kusut.

Selain itu, jangan lupa memandikan kucing dengan rutin menggunakan shampo khusus kucing, supaya terhindar dari kutu dan jamur yang membuatnya tidak nyaman.

2. Membersihkan mata dan telinga

Mata kucing persia cenderung berair dan sering mengeluarkan kotoran. Selain mata, telinga kucing persia juga mudah kotor. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan mata dan telinga secara rutin dan perlahan.

3. Potong kuku dan bersihkan gigi

Kuku kucing juga perlu di rutin dipotong setidaknya seminggu sekali untuk anak kucing dan 2-3 minggu sekali untuk kucing dewasa. Selain itu, bersihkan juga gigi kucing agar tidak terjadi plak dan membuat kucing mudah sakit.

4. Berikan makanan yang sehat

Selain menjaga kebersihkan tubuh kucing, makanan kucing persia juga harus diperhatikan dengan baik. Pastikan memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi agar kucing tumbuh dengan baik.

Berapa Harga Kucing Persia?

Setelah mengetahui karakteristik dan cara merawat kucing persia, mungkin Anda tertarik untuk merawat kucing tersebut. Harga kucing persia sangat bervariatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Anda bisa membeli atau mengadopsi kucing di tempat yang terpercaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro