Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi/Freepik
Health

Mengenal Kopi Jamur, Manfaat dan Efek Sampingnya

Sabina Arla Yogandini
Senin, 17 April 2023 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menikmati kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas kebanyakan orang. Namun, seiring dengan perkembangannya kopi dikemas secara lebih sehat yang dapat menjadi alternatif bagi orang yang sering minum kopi.

Kopi jamur adalah minuman yang terbuat dari jamur adaptogenik dan biji kopi. Adaptogen dalam bentuk herbal dan akar-akaran serta jamur, diklaim dapat membantu tubuh dalam mengatasi stres dan mengembalikan rasa keseimbangan setelah mengalami stres.

Dilansir dari Forbes, meskipun mengandung lebih sedikit kafein, kopi jamur ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan kopi pada umumnya.

Menurut Sarah Olszewski, seorang ahli diet di Syracuse mengatakan bahwa kadar kafein yang berkurang ini dapat meningkatkan energi sehingga Anda tidak memiliki rasa lelah di sore hari yang biasanya muncul pada kopi biasa.

Beberapa jenis jamur paling populer yang disajikan dalam kopi jamur antara lain chaga, cordyceps, lion’s mane, ekor kalkun, reishi, phellinus, dan agaricus.

Adapun manfaat yang terkandung di dalamnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan otak, kesehatan jantung, dan banyak lagi. Namun, penting juga bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait kopi jamur yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Kopi jamur merupakan kombinasi antara jamur obat dengan biji kopi. Jamur biasanya dikeringkan dan kemudian menjalani proses ekstraksi yang nantinya akan membantu mengisolasi senyawa.

Kemudian, jamur tersebut ditambahkan ke biji kopi biasa yang akan menghasilkan campuran bubuk yang dapat dicampur dengan cairan, seperti susu, dan dapat dinikmati.

Adapun bahan-bahan campuran kopi jamur lainnya yang dapat meningkatkan potensi manfaat kesehatan. Beberapa bahan yang umum lainnya seperti kakao, kayu manis, kunyit, garam laut, atau minyak MCT.

Selain memiliki kadar kafein yang lebih rendah, kopi jamur juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Melansir dari Forbes, berikut adalah beberapa manfaat kopi jamur:

1. Dapat meningkatkan fungsi otak

Mary Sabat, seorang ahli diet di Georgia mengatakan bahwa kopi jamur dapat meningkatkan kecerdasan mental, konsentrasi, dan fokus. Secara khusus, lion’s mane dapat meningkatkan produksi faktor pertumbuhan saraf, yang merupakan jenis protein yang memainkan peran penting dalam perkembangan neuron.

2. Dapat memperkuat kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya senyawa tertentu, termasuk protein dan glukan tertentu, sejenis karbohidrat dapat meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit dari jamur obat. Adapun penelitian in-vitro menyatakan bahwa ekstrak jamur ekor kalkun dapat meningkatkan aktivitas senyawa pengaktif kekebalan dan anti inflamasi tertentu di dalam sel.

3. Dapat mengurangi stres

Sebuah studi menemukan bahwa pemberian suplemen lion’s mane atau surai singa selama delapan minggu tidak hanya meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang terlibat dalam fungsi kognitif dan emosional saja, tetapi juga memperbaiki gejala kecemasan, depresi, dan gangguan tidur pada individu yang mengalami obesitas.

4. Dapat menjaga kesehatan jantung

Varietas jamur yang terdapat dalam kopi jamur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Sebagai contoh, jamur reishi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kerusakan jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Adapun jenis jamur cordyceps yang bermanfaat dalam pengobatan aritmia, atau detak jantung yang tidak teratur.

Adanya kandungan senyawa seperti ergothioneine dan asam amino yang dapat membantu meredakan peradangan dan stres oksidatif. Selain itu, jamur yang kaya akan antioksidan dan senyawa lainnya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan melindungi dari penyakit kronis lainnya.

Namun, seperti kopi pada umumnya, kopi jamur pun juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Beberapa efek samping yang umum terjadi antara lain gemetar, sakit kepala, insomnia, kecemasan, pusing, dehidrasi, denyut jantung cepat, dan ketergantungan.

Hati-hati bagi Anda yang memiliki alergi terhadap jamur karena itu berarti Anda tidak dapat mengonsumsinya. Gejala alergi jamur yang akan timbul seperti gatal-gatal, sakit perut, muntah, kesulitan bernapas, dan nyeri dada. Jika Anda belum terdeteksi memiliki alergi dan setelah minum kopi jamur mengalami gejala tersebut, hentikan penggunaan dan ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro