Makanan khas malang/Freepik
Kuliner

Ini 7 Makanan Khas Malang yang Terkenal dan Enak, Wajib Coba!

Hana Fathina
Jumat, 28 April 2023 - 12:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki beragam masakan dan cemilan khas dengan cita rasa-rasa menggugah selera. Salah satu makanan khas yang perlu kamu coba berasal dari Malang. Makanan khas Malang yang bisa kamu temui di setiap sudut kota, dikenal punya rasa dan wajib kamu cicipi. 

Semua bahan untuk membuat makanan khas Malang sangat mudah ditemukan dan sederhana. Cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis. Misalnya jika kamu ingin membuat keripik apel khas Malang, kamu cukup sediakan bahan dasar apel, air lemon, gula dan kayu manis. 

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Malang yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  1. Bakso malang  
    Jika kamu penikmat bakso Malang, makanan khas Malang yang satu ini pasti sudah pernah kamu cicipi di kota-kota lainnya. Tapi tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menikmati bakso malang di kota asalnya. Semangkok bakso dengan isian bakso goreng, bihun, tahu, gorengan dan aneka pilihan lainnya. 
  2. Rawon nguling
    Olahan rawon nguling sepintas hampir sama dengan rawon di daerah lainnya, bedanya isian daging lebih empuk dan potongannya besar-besar. Pastinya bakal bikin kamu lebih puas dan menyenangkan jika memilih menikmati kuliner khas kota Malang ini. 
  3. Cwie Mie Malang 
    Cwie Mie merupakan makanan khas malang berupa mie tipis yang dibumbui dengan aneka macam rempah dan disajikan secara sederhana bersama daging ayam cincang, sawi rebus, bawang goreng, acar mentimun, irisan daun bawang dan kerupuk pangsit. Cwie mie atau yang sering disebut dengan mie pangsit merupakan salah satu kuliner Tionghoa yang bisa kamu temui di semua sudut kota malang. 
  4. Pecel pincuk 
    Pecel pincuk adalah hidangan pecel yang disajikan diatas daun pisang dan ditusuk dengan lidi pada salah satu sisinya. Cara penyajiannya yang unik inilah mengapa pecel makanan khas malang dinamakan pecel pincuk. Dalam satu porsi pecel pincuk berisikan sayuran segar seperti bayam, kacang Panjang, tauge yang diguyur dengan sambal kacang  atau lebih populer disebut dengan sambal pecel. 
  5. Wedang ronde 
    Kuliner yang satu ini identik dengan Jahe, serai, dan gula jawa yang selalu disajikan dalam keadaan hangat atau panas. Dilengkapi dengan bulatan tepung beras yang berisikan gula merah. Cita rasa jahe yang kuat dan bikin hangat berpadu sempurna dengan isian tepung beras bercita rasa manis. 
  6. Nasi goreng mawut  
    Ciri khas dari nasi goreng ini adalah tambahan mie goreng yang ikut disajikan bersama bahan-bahan pelengkap lainnya. Cara membuat makanan khas malang ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi goreng pada umumnya. 
  7. Tahu lontong
    Bahan yang digunakan untuk membuat tahu lontong ini sangat mudah ditemukan yaitu tahu, tauge, timun, lontong dan seledri. Untuk membuatnya pertama tahu digoreng kemudian potong dan sajikan bersama bahan lain dalam piring. Bahan yang sudah siap di piring selanjutnya disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng sebelum disantap bersama kerupuk. 

Itulah beberapa makanan khas Malang yang bisa kamu santap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro