Ilustrasi lift/istimewa
Relationship

Terjebak di Lift? Ini Tips Penting yang Harus Anda Lakukan

Sabina Arla Yogandini
Senin, 1 Mei 2023 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang wanita yang bernama Aisiah Sinta Dewi Hasibuan (38) ditemukan tewas di lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (27/4/2023).

Merujuk pada kasus tersebut, tentunya hal ini menjadi perhatian untuk lebih berhati-hati saat menaiki lift. Tak dapat dipungkiri bahwa kendala teknis seperti terjebak di lift kerap kali terjadi saat berada di lift.

Saat terjebak di dalam lift, Anda perlu melakukan berbagai upaya agar dapat keluar dari lift dengan cepat.

Melansir dari Apartment Search, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat terjebak di dalam lift:

1. Tetap tenang

Cobalah untuk tetap berpikir jernih agar tidak membahayakan keselamatan Anda. pikirkanlah hal yang positif karena itu akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat menjadi lebih mudah. Jika Anda berada di dalam lift bersama orang lain, cobalah untuk menenangkan mereka juga. Lakukan latihan pernapasan atau hitung mundur dari angka 100 untuk menghindari ketakutan atau kecemasan

2. Tekan tombol "pintu terbuka"

Saat terjebak di dalam lift, Anda membutuhkan solusi yang dapat membuat Anda keluar dari lift dengan cepat. Mulailah dengan menekan tombol "pintu terbuka" dan lihat apakah itu berhasil, lalu tekan tombol "pintu tertutup". Kedua hal ini dapat membuat lift macet dan berhenti.

Jika langkah ini tidak berhasil, cobalah untuk menekan tombol untuk lantai di bawah Anda. Namun, jika ketiga tombol ini tidak berfungsi, jangan menekannya secara terus menerus karena mungkin Anda akan merusaknya.

3. Tekan tombol panggilan

Saat lampu di lift mati, gunakan senter Anda untuk menemukan tombol "panggil", biasanya tombolnya ditandai dengan gambar telepon. Jika Anda menekan tombol tersebut, artinya Anda menghubungi teknisi yang dapat membantu Anda. Tombol ini juga akan memberi tahu staf pemeliharaan bahwa ada masalah pada elevator. Jika Anda berhasil terhubung dengan teknisi pemeliharaan, mereka akan segera datang dan membantu Anda segera keluar dari lift.

4. Tekan tombol alarm

Tombol alarm di lift biasanya terhubung ke bel yang berdering untuk memperingatkan orang-orang bahwa ada orang yang terjebak di dalam dan membutuhkan bantuan. Jika Anda tidak dapat menghubungi petugas, bunyikan bel secara berkala atau terus menerus. Orang-orang di dalam gedung tersebut kemungkinan besar akan mencari sumber suara alarm dan memberi tahu seseorang yang dapat membantu Anda.

5. Berteriaklah untuk meminta bantuan

Cara ini adalah hal yang paling umum apabila tombol alarm atau panggilan tidak dapat membantu Anda. Suara merambat dengan baik melalui poros lift dan dapat memberi tahu orang-orang di seluruh gedung bahwa Anda membutuhkan bantuan.

6. Tunggulah

Terkesan pasrah, tetapi langkah ini dapat menjadi pilihan bagi Anda karena Anda memiliki peluang besar untuk keluar dari lift apartemen dalam beberapa menit. Saat Anda terjebak di lift yang sering digunakan, orang-orang yang ingin menaiki lift tersebut akan segera menyadari bahwa lift tidak berfungsi dengan baik dan akan meminta bantuan.

Jika Anda telah berhasil melakukan kontak dengan petugas pemeliharaan atau petugas darurat, tetaplah tenang. Panggilan yang ada saat Anda terjebak di dalam lift perlu untuk ditanggapi dengan serius dan kemungkinan besar Anda akan terbebas dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Saat terjebak di dalam lift, adapun hal yang tidak boleh dilakukan untuk menghindari hal yang berbahaya.

Melansir dari Liberty Elevator, berikut adalah hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda terjebak di dalam lift:

1. Jangan Melompat ke Atas dan ke Bawah

Ketika lift tidak berfungsi, beberapa orang mungkin berpikir bahwa melompat ke atas dan ke bawah dapat memberikan dorongan agar lift dapat berjalan kembali. Tentunya hal ini tidak boleh dilakukan karena akan mempengaruhi sistem stabilizer lift dan membuatnya lebih sulit untuk diselamatkan.

2. Jangan Mencoba Mencungkil Pintu

Ketika Anda terjebak di dalam lift, pikiran yang mungkin akan muncul adalah mencungkil pintu lift agar terbuka. Namun, perlu diperhatikan jika lift mulai bergerak saat pintu terbuka, orang cenderung jatuh dari lift dan menghadapi bahaya yang lebih besar.

3. Jangan Mencoba Keluar

Meskipun pintunya sedikit terbuka dan ada ruang bagi Anda untuk keluar dari lift, ada baiknya untuk menunggu sampai petugas datang. Mereka akan memastikan lift dimatikan dengan benar sebelum membantu Anda keluar. Jika Anda mencoba keluar dari lift sendirian, mungkin saja lift akan mulai bergerak kembali dan tentunya hal ini akan membahayakan bagi diri Anda.

4. Jangan Panik

Kepanikan saat terjebak di dalam lift memang tak dapat dihindari. Namun, ada baiknya untuk menjaga diri dan orang lain yang terjebak di lift tetap tenang karena hal itu akan membantu semua orang keluar dari lift lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro