Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Relationship

Ini 15 Tips Meredakan Stres

Salma Permata Dewi
Selasa, 2 Mei 2023 - 23:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stres adalah sebuah kondisi umum yang dapat dialami oleh semua orang dari berbagai kalangan usia atau jenis kelamin. Aktivitas yang mendukung perawatan diri dapat membantu mengurangi stres.

Dilansir Healthline, faktanya, jutaan orang dewasa di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka merasa stres atau cemas setiap hari. Pekerjaan, masalah keluarga, masalah kesehatan, dan kewajiban keuangan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang biasanya berkontribusi pada peningkatan tingkat stres. Terlebih lagi, faktor-faktor seperti genetika, tingkat dukungan sosial, gaya koping, dan tipe kepribadian memengaruhi kerentanan seseorang terhadap stres.

Artinya beberapa orang lebih cenderung mengalami stres daripada yang lain. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa orang tua, orang dalam profesi seperti perawatan kesehatan dan pekerjaan sosial, orang berwarna, dan individu LGBTQIA+ cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

Berikut adalah 15 tips untuk meredakan dan menghilangkan stres:

1. Melakukan lebih banyak aktivitas fisik

Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki gejala yang berkaitan dengan kondisi kesehatan mental umum seperti kecemasan dan depresi.


2. Ikuti diet sehat

Melakukan diet dan membatasi makanan olahan dapat memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal dan mengurangi risiko kekurangan nutrisi yang membantu mengatur stres.


3. Kurangi penggunaan ponsel 

Meminimalkan waktu layar dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak dan orang dewasa.


4. Konsumsi suplemen

Suplemen tertentu dapat mengurangi tingkat stres, termasuk magnesium, L-theanine, rhodiola, dan vitamin B.


5. Perawatan diri

Perawatan diri adalah bagian penting dari mengelola stres. Beberapa perawatan sederhana yang mungkin bisa dicoba adalah yoga, menyalakan lilin terapi, mandi, dan membaca buku yang bagus.


6. Kurangi asupan kafein

Meskipun kepekaan orang terhadap kafein sangat bervariasi, kafein dalam jumlah besar dapat meningkatkan stres dan kecemasan.


7. Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga

Memiliki ikatan sosial yang kuat dapat membantu melewati masa-masa stres dan penting untuk kesehatan mental secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro