Simak, Cara Membuat Puisi untuk Pemula (pexels)
Relationship

Cara Membuat Puisi yang Baik dan Menarik untuk Pemula

Nuraini
Minggu, 7 Mei 2023 - 17:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Puisi merupakan salah satu seni sastra yang populer. Dengan adanya diksi dan seni penyusunan kata, terkadang cara membuat puisi seringkali terlihat susah. 

Akan tetapi, cara membuat karya seni ini masih bisa dipelajari. Kali ini, akan kita bahas secara tuntas terkait cara buat puisi yang mudah bagi pemula.

Cara Membuat Puisi yang Menarik

Secara resmi, tidak ada aturan baku dalam penulisan puisi. Meskipun demikian, sebagai suatu karya sastra puisi memiliki beberapa ciri khas dan struktur tertentu. Berikut beberapa tips dan trik cara menulis puisi dalam waktu singkat.

  • Perbanyak membaca puisi

Sebelum mulai menulis puisi, cara membuat puisi yang pertama ada baiknya memperbanyak wawasan dan referensi melalui kegiatan membaca puisi. Adapun cara membaca puisi tidak harus dengan pelafalan. Bacaan biasa yang didampingi dengan analisis serta mencoba memahami emosi di balik karya puisi tersebut sudahlah cukup.

  • Melihat dan mendengarkan pembacaan puisi

Sebagai referensi tambahan, Anda bisa belajar cara membaca puisi dengan melihat dan mendengarkan pembacaan puisi. Anda dapat menemukannya di berbagai platform sosial media dan terkadang pembacaan puisi dapat dijumpai saat festival seni dan sastra. Dengan mendengarkannya, Anda dapat mempelajari penekanan tiap suku kata, persajakan, serta jeda tiap baris dan cara membaca puisi ketika di atas panggung.

  • Mulai menulis secara perlahan

Bagai kata pepatah jawa, cara menulis puisi dilakukan secara tenang dan perlahan. Tidak perlu terobsesi untuk membuat puisi yang sempurna dan penuh kata-kata sastra. Yang terpenting yaitu menemukan rasa dan emosi dibalik setiap kata yang kita tulis. 

  • Cobalah berkreasi dengan gaya bahasa

Setelah menemukan emosi dalam cara buat puisi, cara membuat puisi selanjutnya cobalah untuk menambahkan gaya bahasa di dalam tulisan Anda. Misalnya, menambahkan perumpamaan, rima dan irama, berbagai majas serta gaya bahasa lainnya.

  • Puisi adalah melukis dengan kata

Apabila seorang pelukis mencoba memberikan representasi atau gambaran melalui sapuan kuasnya. Penyair merepresentasikan yang ingin disampaikan dengan kata-kata. Pelajari cara buat puisi menggunakan berbagai diksi. Pasalnya pemilihan kata-kata dalam puisi mempengaruhi penerimaan dan pandangan pembaca maupun pendengar karya tulis ini.

  • Konsisten

Terakhir, cara membuat puisi yang baik adalah konsisten. Seperti keterampilan lainnya, membuat puisi juga memerlukan konsistensi. Terus berlatih untuk menulis, membaca, dan mendengarkan pembacaan puisi. Akan lebih baik apabila Anda bergabung ke komunitas pecinta sastra khususnya puisi. Tujuannya untuk berbagi ide dan pandangan serta mungkin juga untuk berlatih bersama cara buat puisi maupun cara membaca puisi dengan indah.

Contoh Puisi yang Populer

Sebagai referensi, berikut ini contoh puisi populer dari penyair terkenal. 

1. Puisi Karya W.S Rendra

Temperamen karya W.S Rendra

Ditimpa terik matahari.

Betapa panasnya!

Ketika malam kembali membenam

Kali pun tenteram.

Bulannya sejuk

Dan air berbunyi

Tiada henti.

Jika kita marah

Pada kekasih

Selamanya.

2. Puisi Karya Chairil Anwar

Sajak Putih karya Chairil Anwar

Bersandar pada tari warna pelangi

Kau depanku bertudung sutra senja

Di hitam matamu kembang mawar dan melati

Harum rambutmu mengalun bergelut senda

Sepi menyanyi

Malam dalam mendoa tiba

Meriak muka air kolam jiwa

Dan dalam dadaku memerdu jiwa

Dan dalam dadaku memerdu lagu

Menarik menari seluruh aku

Hidup dari hidupku, pintu terbuka

Selama matamu bagiku menengadah

Selama kau darah mengalir dari luka

Antara kita mati datang tidak membelah

Itulah penjelasan seputar cara membuat puisi dan contoh puisi populer yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang belajar menulis puisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro