Ini 10 Universitas Tertua di Dunia, Siapa yang Nomor Satu - Pixabay
Travel

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang dari Mesir

Nuraini
Rabu, 10 Mei 2023 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali apabila kita diminta untuk menyebutkan universitas tertua di Dunia, Oxford University menjadi yang pertama kali disebut.

Padahal Universitas Oxford bukanlah perguruan tinggi paling tua di dunia. Lantas, universitas apa yang tertua di dunia? Temukan jawabannya disini.

10 Universitas Tertua di Dunia

Terdapat sejumlah universitas yang memiliki usia cukup tua. Sebagian besar berada di Benua Eropa. Berikut daftar universitas tertua di dunia yang perlu diketahui.

10. Universitas Toulouse

Lokasi: Toulouse,Perancis

Tahun didirikan: 1229

Salah satu universitas tertua di dunia adalah Universita Toulouse. Awalnya, Universitas Toulouse dibentuk untuk mengajarkan teologi, namun kemudian ditambahkan ilmu hukum dan kedokteran. Universitas ini sempat ditutup pada tahun 1793 karena adanya Revolusi Prancis. Kini, Universitas Toulouse dipecah menjadi beberapa universitas independen yang berada di bawah naungan Universite federale de Toulouse Midi-Pyrenees (UFTMP).

9. Universitas Naples Federico II

Lokasi: Napoli, Italia

Tahun didirikan: 1224

Nama universitas ini diambil dari pendirinya yaitu Kaisar Romawi Suci dan Raja Sisilia, Frederick II. Kini universitas ini memiliki 13 Fakultas di bawah tiga divisi semi-independen yaitu, divisi sains dan teknologi, divisi ilmu hayati, dan divisi ilmu sosial dan manusia.

8. Universitas Padua

Lokasi: Padua, Italia

Tahun didirikan: 1222

Universitas paling tua di dunia berikutnya yaitu Universitas Padua. Universitas ini menjadi bagian dari universitas Kerajaan Italia di tahun 1873, yang sejak saat itu menjadi universitas bergengsi di Italia.

7. Universitas Cambridge

Lokasi: Cambridge, Inggris

Tahun didirikan: 1209

Universitas tertua di dunia yang satu ini menjadi tempat belajar bagi tokoh-tokoh terkenal di dunia seperti Charles Darwin dan Stephen Hawking. Universitas ini memiliki 6 fakultas yang mengorganisir 100 departemen akademik.

6. Universitas Paris

Lokasi: Paris, Prancis

Tahun didirikan: 1160

Universitas Paris terkenal dengan kinerja akademiknya di bidang humaniora terutama teologi dan filsafat. Sama seperti Universitas Toulouse, universitas ini juga ditutup ketika terjadi Revolusi Prancis pada tahun 1793. Kini Universitas Paris terpecah menjadi beberapa kelompok universitas dan institusi independen.

5. Universitas Salamanca

Lokasi: Salamanca, Spanyol

Tahun didirikan: 1134

Universitas Salamanca baru mendapatkan piagam yayasan pada tahun 1218 oleh Raja Alfonso IX. Universitas merupakan universitas negeri yang sangat terkenal di bidang studi bahasa, hukum, dan ekonomi.

4. Universitas Oxford

Lokasi: Oxford, Inggris

Tahun didirikan: 1096

Nama Universitas Oxford tidak asing lagi ditelinga kita. Universitas Oxford sendiri merupakan salah satu universitas bergengsi di Inggris yang menjadi tempat Albert Einstein menimba ilmu. Oxford merupakan universitas tertua di dunia swasta yang terdiri dari 38 perguruan tinggi konstituen yang diatur ke dalam 4 divisi.

3. Universitas Bologna

Lokasi: Bologna, Italia

Tahun didirikan: 1088

Universitas Bologna menjadi universitas tertua di bumi bagian barat yang hingga kini masih beroperasi. Universitas Bologna merupakan universitas negeri yang terdiri dari 11 sekolah.

2. Universitas Al-Azhar

Lokasi: Kairo, Mesir

Tahun didirikan: 970

Universitas tertua di dunia yang berada di Mesir ini memiliki misi utama untuk menyebarkan Islam dan budaya Islam. Universitas ini didirikan sebagai pusat pembelajaran Islam, Al-Qur’an ,dan hukum Islam beserta dengan ilmu logika dan tata bahasa.

1. Universitas Al Quaraouiyine

Lokasi: Fez, Maroko

Tahun didirikan: 859

Menurut UNESCO dan Guinnes World Records, universitas tertua di dunia adalah Universitas Al Quaraouiyine. Universitas ini masuk ke dalam sistem universitas negeri modern Maroko pada tahun 1963. Pendidikan di universitas ini berfokus pada ilmu agama dan hukum Islam.

Demikian beberapa informasi mengenai universitas paling tua di dunia. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro