Pulau Derawan/Tokopedia
Travel

Pesona Kepulauan Derawan, Destinasi Wisata Alam yang Memanjakan Mata

Salma Permata Dewi
Jumat, 12 Mei 2023 - 20:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah, termasuk Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan ini terdapat objek wisata laut yang menjadi favorit para pelancong.

Dilansir dari Indonesia Travel, kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan memiliki 31 pulau. Dijuluki sebagai surga tropis tersembunyi oleh para wisatawan. Salah satu pulaunya, Pulau Derawan, pernah didaftarkan oleh pemerintah ke UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada awal 2015. Kepulauan ini dijuluki sebagai Pristine Island karena keasrian pulaunya masih terawat dan terjaga dengan baik. 

Kepulauan Derawan dikenal sebagai rumah bagi para penyu, terutama penyu hijau raksasa dan penyu sisik yang langka dan terancam punah di Indonesia. Selain penyu, laut di kepulauan ini memiliki beragam satwa lainnya, seperti kura-kura raksasa, lumba-lumba, duyung, paus, dan lainnya. Adapun 460 spesies karang dan 870 spesies ikan yang dapat ditemukan di laut Kepulauan Derawan. 

Dilansir dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan terdiri dari Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua, dan Pulau Derawan, serta beberapa gorong karang. Pulau yang banyak dikenal dan populer dikunjungi oleh wisatawan ada empat, yakni Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban.

Ini hal-hal yang wajib kamu ketahui tentang wisata di Derawan:

1. Pulau Derawan

Pristine Island ini terdapat pemukiman di sana. Awalnya, desa tersebut adalah desa administratif dan akhirnya diubah menjadi desa wisata agar penduduk desa menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan alam di desa. Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini, seperti menyewa sepeda keliling pulau, bermain di pantai pasir putih, menikmati sunset di dermaga panjang yang menjorok ke laut, berkunjung ke Gusung Pasir Sanggalau, snorkeling, dan melihat penyu bertelur.


2. Pulau Maratua

Memiliki perkampungan dan fasilitas yang cukup lengkap, pulau ini menyediakan resor eksklusif, bandara, dan spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Spot wisata di Pulau Maratua salah satunya adalah Gua Halo Tabung atau dulunya dikenal sebagai nama Gua Haji Mangku. Di Pulau Maratua juga bisa berenang bersama penyu di dive spot bernama Turtle Traffic dan juga snorkeling di sekitar dermaga Green Nirvana Resort.

Pulau Maratua Derawan
Pulau Maratua Derawan


3. Pulau Sangalaki

Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni di Kepulauan Derawan. Hanya terdapat sebuah resor eksklusif serta Taman Wisata Alam (TWA) di sini. TWA berfungsi untuk melestarikan biota laut, terutama penyu hijau dan penyu sisik. Waktu tempuh ke Pulau Sangalaki dari Pulau Derawan adalah satu jam. Karena terdapat TWA, di sana bisa melihat penyu bertelur, penetasan telur penyu, dan pelepasan tukik ke laut. Di sekitar Pulau Sangalaki juga bisa berenang bersama ikan pari manta.

wisata Pulau Sangalaki
wisata Pulau Sangalaki


4. Pulau Kakaban

Sama seperti Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban juga pulau tak berpenghuni. Hal yang membuat pulau ini menarik dan unik adalah keberadaan danau air payau di tengah-tengah pulau yang dikelilingi hutan. Danau tersebut terdapat banyak ubur-ubur yang mengalami proses evolusi sehingga tidak memiliki kemampuan menyengat. Oleh karena itu, Anda bisa berenang bersama ubur-ubur tidak menyengat itu di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro